PHE Siapkan Rencana Pengembangan 5 Lapangan Migas Baru, Ini Daftarnya

Mela Syaharani
27 Maret 2024, 15:04
phe, pertamina, lapangan migas, pertamina hulu energi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Foto udara anjungan lepas pantai Sepinggan Field Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS) Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), Kalimantan Timur, Selasa (26/3/2024).
Button AI Summarize

Pertamina Hulu Energi (PHE) tengah menyiapkan rencana pengembangan lima temuan lapangan migas yang masuk ke dalam program jangka panjang.

Direktur Utama PHE Chalid Said Salim mengatakan dalam program jangka panjang PHE Group akan melakukan langkah pengembangan, eksplorasi, hingga mulai mengembangkan lapangan eksplorasi baru mereka.

Dalam paparan PHE, terdapat lima temuan lapangan baru PHE yang akan dikembangkan dalam program jangka panjang. Chalid menjelaskan, program jangka panjang ini di dibagi per regional. Salah satu lapangan yang disebutkan Chalid adalah lapangan eksplorasi GQX di wilayah kerja Offshore Northwest Java (ONWJ).

“Ada lapangan GQX di ONWJ, mudah-mudahan ini sedang berproses untuk POD (rencana pengembangan) sehingga bisa melakukan pengembangan lanjutan,” kata Chalid dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI pada Rabu (27/3).

Lebih lanjut Chalid mengatakan bahwa lapangan GQX masih diperlukan adanya pembuktian satu sumur lagi dari eksplorasi. “Kemudian prosesnya juga POD, dan yang lain-lain, kemudian ada keputusan akhir investasi (FID) segala macem,” ujarnya.

Melalui serangkaian proses tersebut, Chalid memperkirakan lapangan GQX berpotensi onstream dalam tiga sampai empat tahun ke depan. “Mungkin di 2027 atau 2028 untuk onstream,” ujarnya.

Adapun potensi dan jumlah cadangan dari lapangan GQX Chalid menyebut belum banyak informasi yang dapat diperoleh. Namun dia mengatakan lapangan ini mengandung minyak. “Prospeknya minyak, berapa besar potensinya ya belum tahu. Ini masih temuan awal bahwa itu minyak, cuma ya kami akan lihat nanti,” kata dia.

Tidak hanya pada regional II Jawa, PHE Grup juga akan melakukan pengembangan bagi lapangan yang baru mereka temukan. Pada regional I Sumatra, terdapat dua temuan baru yang akan dikembangkan.

“Untuk regional satu, di wilayah kerja (WK) Rokan ada temuan baru yang akan beralih ke pengembangan yakni lapangan Mindal Emas,” ucapnya.

Tidak hanya Mindal Emas, di Sumatra juga akan dilakukan pengembangan sumur eksplorasi lain di luar WK Rokan. “Ada pengembangan sumur eksplorasi Wilela, ini juga gas yang dekat dengan eksisting facility bisa menambah pasokan yang ada sekarang,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...