Pertamina Pastikan Stok BBM dan Minyak Mentah Aman Jelang Lebaran 2024

Mela Syaharani
28 Maret 2024, 05:39
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di salah satu SPBU Desa Kuta Padang, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Jumat (23/2/2024). Berdasarkan data pemberian kuota tahun 2024 dari Badan pengatur hilir minyak dan gas bumi (BPH Mi
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/YU
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di salah satu SPBU Desa Kuta Padang, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Jumat (23/2/2024). Berdasarkan data pemberian kuota tahun 2024 dari Badan pengatur hilir minyak dan gas bumi (BPH Migas), Pemerintah Provinsi Aceh mendapatkan kuota BBM bersubsidi sebanyak 1.000.883 kiloliter (KL) yang terdiri dari Jenis BBM Tertentu (JBT) sebesar 411.981 KL untuk solar, minyak tanah sebesar 3.360 KL dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) sebanyak 585.542
Button AI Summarize

PT Pertamina (Persero) menjamin persediaan atau stok bahan bakar minyak (BBM) aman selama momen mudik dan hari raya idulfitri 2024. Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan secara rata-rata keamanan stok ini berkisar selama 20 hari.

“Untuk kuota secara umum aman. Mungkin kalau datanya nanti kami bisa susulkan informasinya. Tapi untuk pertalite stoknya sangat aman, pertamax juga sangat aman. Termasuk juga turbo,” kata Fadjar di Jakarta pada Rabu (27/3).

Tidak hanya itu, Fadjar juga mengatakan stok BBM solar aman meski saat momentum lebaran sebelumnya, jenis BBM ini kerap mengalami anomali. Salah satunya karena demand atau permintaanya menurun. 

“Stok solar aman tapi secara konsumsi, berdasarkan dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, solar ini demand menurun. Karena di saat yang bersamaan industri libur. Kemudian truk-truk besar yang mengonsumsi solar juga tidak beroperasi selama mudik, Jadi konsumsinya menurun,” ujarnya.

“Tapi secara umum untuk stok BBM lainnya sangat aman. Mungkin rata-rata bisa di atas 20 hari semua stoknya,” lanjutnya.

Stok Minyak Mentah Aman Saat Lebaran

Selain BBM, Fadjar juga memastikan stok minyak mentah aman berdasarkan overview atau peninjauan pada Maret 2024, persedian minyak bisa cukup untuk 25,5 hari.

“Jadi stoknya hampir satu bulan, kami pastikan bahwa stok untuk minyak mentah itu aman sehingga tidak perlu ada kekhawatiran. Terlebih, dengan kapasitas pengolahan mencapai 908 ribu barel per hari (bph),” ujarnya.

Selama momen lebaran, Pertamina juga akan menyiagakan lebih dari 7.400 SPBU di seluruh wilayah Indonesia mulai dari 723 SPBE, 48.207 agent outlet LPG ada, 61 kios Pertamina Siaga yang berada di rest area, 54 motoris. 281 Pertamina Delivery Service, 200 mobil tangki yang stand by, 71 terminal avtur DPPU, 115 terminal BBM, dan 30 terminal LPG.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...