ESDM Umumkan Lelang Ulang 8 WIUP Minerba Komoditas Emas hingga Nikel

Mela Syaharani
1 April 2024, 14:05
minerba, tambang, lelang, kementerian esdm
123rf.com/luizrocha
Ilustrasi wilayah pertambangan.
Button AI Summarize

Kementerian ESDM akan melaksanakan Lelang Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) Mineral Logam dan Batubara (Minerba). Kegiatan ini dilakukan melalui Panitia Lelang WIUP Minerba yang sebelumnya telah diumumkan melalui Pengumuman No. 10.Pm/MB.03/DJB.P/2023.

Melansir laman resmi Direktorat Jenderal (Ditjen) Minerba Kementerian ESDM, lelang akan dilangsungkan mulai sejak 28 Maret hingga 23 April 2024. Lelang ini dilaksanakan dengan penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta melalui internet secara tertutup (close bidding) pada aplikasi lelang WIUP.

Selanjutnya pendaftaran dan penyampaian dokumen persyaratan lelang akan dilakukan mulai dari 24-26 April 2024. Sebelum mengikuti lelang, seluruh peserta wajib memenuhi 10 syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Ditjen Minerba dan dapat dilihat pada laman resminya.

Mengenai alur pelaksanaan lelang, setelah para peserta menyerahkan dokumen dan memenuhi persyaratan maka panitia akan mengevaluasi dokumen prakualifikasi dan panitia akan mengumumkan peserta yang lolos prakualifikasi.

Memasuki tahap kualifikasi, panitia akan memasukkan penawaran harga dan pembukaan penawaran harga. Kemudian akan dimulai penilaian dan penetapan peringkat hasil penilaian. Dari hasil tersebut, panitia akan mereview ulang pelaksanaan lelang.

Setelah itu panitia akan merumuskan dan menetapkan daftar peringkat pemenang lelang kemudian mengumumkan daftar peringkat pemenang lelang.

Untuk mengakomodir para peserta yang kurang puas akan hasil lelang, panitia mengadakan masa sanggah dan akan mengevaluasi serta menjawab sanggahan yang diajukan sebelumnya. Selesai dengan segala sanggahan, panitia akhirnya akan menetapkan pemenang lelang.

Berikut 8 WIUP yang dilelang ulang yang diumumkan dalam rencana lelang 28 Maret- 23 April 2024:

WIUP Blok Lolayan

  • Lokasi: Desa Lolayan Utara dan Lolayan Selatan, Kec. Lolayan, Kab. Bolaang Mongondow, Prov. Sulawesi Utara
  • Luas: 162,3 Hektare
  • Komoditas: Emas
  • Nilai Kompensasi Data Informasi: Rp 262.320.000

Status Penggunaan Lahan

  • Area Penggunaan Lain: 162,3 Hektare

WIUP Blok Taludaa

  • Lokasi: Desa Cendana Putih, Desa Ilohuuwa, Desa Inogaluma, Desa Masiaga, Desa Molamahu, Desa Monano, Desa Moodulio, Desa Muara Bone, Desa Permata, Desa Sogitia, Desa Taludaa, Desa Tumbuh Mekar, dan Desa Waluhu, Kec. Bone, Kab. Bone Bolango, Prov. Gorontalo
  • Luas: 3.714 Hektare
  • Komoditas: Tembaga
  • Nilai Kompensasi Data Informasi: Rp 5.571.640.000

Status Penggunaan Lahan

  • Kawasan Hutan Produksi Terbatas: 72 Hektare
  • Kawasan Hutan Produksi: 122 Hektare
  • Area Penggunaan Lain: 3.520 Hektare

WIUP Blok Pasiang

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...