Pertamina Kerek Kapasitas Produksi Kilang 126 Ribu bph pada 2019-2023

Happy Fajrian
3 April 2024, 15:58
pertamina, kilang pertamina,
PT Kilang Pertamina Balikpapan
Proyek RDMP Kilang Balikpapan.
Button AI Summarize

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terus berupaya meningkatkan kapasitas produksi kilang sebagai salah satu upaya dalam memperkuat ketahanan energi nasional.

Tercatat, dalam periode tiga tahun antara 2019-2023, KPI telah meningkatkan kapasitas produksi di kilang-kilang eksisting sebesar 126,2 ribu barel per hari (bph) dan meningkatkan produksi produk petrokimia hingga 180 ribu ton per tahun.

“Upaya peningkatan kapasitas kilang terus dilakukan Pertamina. Pada periode 2019 hingga 2023, Pertamina telah melakukan peningkatan kapasitas produksi di kilang-kilang eksisting,” kata Corporate Secretary KPI Hermansyah Y. Nasroen dalam siaran pers, Rabu (3/4).

Beberapa proyek peningkatan kapasitas yang telah dilakukan selama periode 2019 sampai dengan 2023 diantaranya proyek blue sky Cilacap pada Agustus 2019 yang meningkatkan kapasitas produksi dari 23 ribu bph menjadi 53 ribu bph. Proyek ini juga meningkatkan kualitas produk yang sebelumnya Euro II menjadi setara Euro IV.

Selain itu terdapat proyek RDMP Balongan Phase 1 pada Juni 2022. Pada proyek ini, kapasitas produksi Crude Distillation Unit (CDU) yang sebelumnya 125 ribu bph berhasil ditingkatkan menjadi 150 ribu bph.

Saat ini, KPI juga tengah melaksanakan upaya peningkatan kapasitas produksi yang dimilikinya melalui proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) di Balikpapan. Proyek tersebut sedang memasuki milestone baru dengan dilaksanakannya program Turn Around (TA) Revamp.

“Saat ini KPI memiliki kapasitas pengolahan sekitar 1 juta barrel per hari. TA Revamp yang dilaksanakan oleh KPI saat ini memiliki tujuan untuk mengintegrasikan unit kilang eksisting dengan unit kilang baru hasil pelaksanaan proyek RDMP,” kata Hermansyah.

Proyek RDMP Balikpapan menjadi salah satu proyek dengan investasi terbesar yang dilaksanakan oleh Pertamina saat ini. Proyek ini juga merupakan salah satu proyek dengan kompleksitas tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...