Prilly Latuconsina Kedapatan Pakai LPG 3 Kg, ESDM Siapkan Aturan Baru

Mela Syaharani
16 April 2024, 17:18
prilly latuconsina, lpg 3 kg, subsidi lpg, gas elpiji, lpg
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.
Petugas melakukan pengisian tabung gas elpiji 3 kg di SPBE Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (28/3/2024).
Button AI Summarize

Kementerian ESDM memberi tanggapan mengenai aktris Prilly Latuconsina yang kedapatan menggunakan gas LPG 3 kg bersubsidi untuk memasak hidangan lebaran.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan bahwa pemerintah saat ini tengah mengajukan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram.

“Nanti akan ada desil berapa saja yang boleh membeli LPG. Kan kita sudah punya sistem, dan sudah ada mendaftar,” ucapnya saat ditemudi di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (16/4).

Meski Prilly terbukti menggunakan LPG subsidi, namun Tutuka mengatakan tidak akan ada sanksi yang diberikan kepadanya. “Kalau sanksi mungkin tidak, dengan sistem (yang ada saat ini) mungkin jadi tidak bisa beli (LPG subsidi). Kalau sanksi berat, dan prosesnya akan panjang,” ujarnya.

Selain itu dia juga meminta agar masyarakat mampu tidak mencontoh tindakan tersebut. “Kami menyampaikan ke masyarakat jangan lah seperti itu. LPG subsidi adalah hak orang yang tidak mampu. Harusnya merasa bahwa (LPG subsidi) bukan haknya, tapi hak orang lain,” ujarnya.

Sebagai informasi, LPG 3 kg dengan tabung warna hijau merupakan salah satu bentuk dari subsidi dari pemerintah melalui Kementerian ESDM yang dianggarkan setiap tahunnya.

Pada tahun ini, Kementerian ESDM menargetkan alokasi subsidi energi mencapai Rp 186,9 triliun pada 2024 yang terdiri atas subsidi BBM dan elpiji (LPG) sebesar Rp 113,3 triliun serta subsidi listrik Rp73,6 triliun.

Saat ini pemerintah tengah memperpanjang masa pendataan dan pendaftaran nomor induk kependudukan (NIK) bagi masyarakat yang ingin membeli gas LPG 3 kilogram (kg). Masa pendaftaran ini akan diperpanjang hingga Mei 2024.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...