Shell Berencana Tutup 9 SPBU di Medan Tahun Ini

Mela Syaharani
16 April 2024, 18:58
shell, spbu, medan, emisi karbon
Arief Kamaludin (Katadata)
SPBU Shell.
Button AI Summarize

Shell Indonesia berencana menutup operasi sembilan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Medan, Sumatera Utara. Vice President Corporate Relations Shell Indonesia Susi Hutapea mengatakan hal ini dilakukan sebagai wujud pelaksanaan strategi Shell secara global.

“Untuk menciptakan nilai lebih dengan emisi yang lebih rendah melalui pengembangan solusi energi rendah karbon dan berfokus pada disiplin, penyederhanaan serta kinerja bisnis, Shell akan menghentikan kegiatan operasi sembilan SPBU di Medan, Sumatera Utara,” kata Susi kepada Katadata.co.id pada Selasa (16/4).

Shell mengatakan Indonesia merupakan pasar pertumbuhan utama untuk bisnis pelumas Shell. Sebagai informasi, menurut catatan Shell jumlah SPBU Shell per Januari 2024 mencapai sembilan lokasi. Shell menyebut penutupan sembilan SPBU ini akan dilakukan pada 2024.

Sebelumnya diberitakan bahwa raksasa minyak dunia, Shell, berencana menutup 1.000 lokasi SPBU atau gas station miliknya di seluruh dunia selama dua tahun ke depan. Sebagai gantinya Shell akan fokus meningkatkan jumlah stasiun pengisian daya kendaraan listrik atau ev charging station.

“Kami meningkatkan jaringan ritel kami, dengan memperluas penawaran pengisian daya dan kenyamanan kendaraan listrik, sebagai respons terhadap perubahan kebutuhan pelanggan,” kata Shell dalam strategi transisi energi terbarunya, seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (26/3).

“Secara total, kami berencana untuk mendivestasi sekitar 500 lokasi milik Shell (termasuk perusahaan patungan) setiap tahun pada tahun 2024 dan 2025,” kata Shell.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...