Ada Program Fuel Card Pertalite di Batam, Ini Respons Pertamina

Mela Syaharani
29 April 2024, 14:37
pertalite, pertamina, batam, subsidi bbm, bbm bersubsidi
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/foc.
Petugas melayani pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Kota Bnegkulu, Provinsi Bengkulu, Jumat (31/3/2023).
Button AI Summarize

Pertamina (Persero) mendukung program Fuel Card 5.0 di Kota Batam. Program ini merupakan inovasi layanan pembayaran sebagai alat pengendali pembelian BBM jenis Pertalite di Kota Batam.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria mengatakan bahwa program tersebut merupakan langkah inisiatif pemerintah setempat. Namun selaku operator penyaluran BBM, Pertamina mendukung program tersebut karena dampaknya yang positif.

“Pertama dalam hal mencegah tindak penyelewengan BBM JBKP Pertalite terdapat subsidi pemerintah di dalamnya. Kedua dalam upaya menyalurkan BBM Pertalite tepat sasaran,” kata Susanto kepada Katadata.co.id pada Senin (29/4).

Dia menambahkan bahwa program Fuel Card 5.0 Pertalite ini nantinya dapat disandingkan dan bersinergi dengan program Subsidi Tepat Pertamina. Susanto menyebut, ini bukan kali pertama Pemkot Batam dan Pertamina bersinergi untuk mengupayakan BBM subsidi tepat sasaran.

“Sebelumnya kami punya pengalaman sinergitas Program Subsisi Tepat Biosolar yang disandingkan dengan Fuel Card Pembelian Biosolar Subsidi di Kota Batam,” ucapnya.

Senada dengan pernyataan Pertamina, Anggota Komite BPH Migas juga menilai program ini merupakan langkah yang bagus. “Menurut saya ini ide yang bagus dalam rangka penyaluran BBM subsidi agar tepat sasaran,” kata Saleh saat dihubungi Katadata.co.id.

Dilansir dari Antara, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan penerapan Fuel Card 5.0 merupakan terobosan menuju kota pintar. "Kalau sekarang Pertalite, mungkin yang lainnya akan mulai menyusul menggunakan sistem teknologi juga," kata Rudi dikutip dari Antara, Senin (29/4).

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Batam melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan PT KB Bank, PT Bank Sumut, dan PT Bank CIMB Niaga TBK, terkait layanan transaksi pembayaran pengguna jenis bahan bakar minyak khusus penugasan (JBKB) Kota Batam.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...