PTBA Ungkap Nasib Proyek Gasifikasi Batu Bara: Investor Lakukan Kajian

Mela Syaharani
8 Mei 2024, 19:44
gasifikasi batu bara, hilirisasi, bukit asam,
KATADATA |
Tambang batu bara PTBA.
Button AI Summarize

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail mengungkapkan bahwa proyek gasifikasi PTBA masih terus berjalan. Arsal menyebut perusahaan sedang melakukan kajian bersama beberapa investor untuk kelanjutan proyek strategis itu.

“Karena untuk melakukan investasi itu kami juga harus melihat dari sisi keekonomiannya. Jangan sampai sisi keekonomiannya terganggu keuangan dari PTBA,” kata Arsal saat ditemui di Jakarta pada Rabu (8/5).

Arsal menyebut proses ini masih harus melewati beberapa hal, sehingga belum ada tenggat waktu kajian tersebut akan berakhir. Terlebih saat ini kondisi global sedang berada di dalam gejolak terkait perang. “Kami melihat kajian itu sampai betul-betul ekonomis yang bisa menguntungkan PTBA ataupun pemerintah,” ujarnya.

Arsal menjelaskan, seharusnya proses kajian ini sudah selesai. Namun proyek gasifikasi PTBA yang sebelumnya menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat (AS), berakhir gagal.

Komitmen investasi Air Products pada proyek gasifikasi batu bara di Indonesia mencapai US$ 15 miliar atau setara Rp 210 triliun. Sebelum menyatakan hengkang, rencana investasi tersebut telah terealisasi sebesar US$ 7 miliar atau setara Rp 102 triliun.

Sebelum Air Products hengkang, pemerintah menargetkan proyek gasifikasi batu bara DME di Tanjung Enim, Sumatera Selatan rampung dan bisa beroperasi komersial atau Commercial Operation Date (COD) pada kuartal ke-empat atau akhir 2027.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...