Repsol Berencana Lepas Sebagian Bisnis Energi Terbarukannya

Happy Fajrian
15 Mei 2024, 17:09
repsol,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Repsol dilaporkan tengah dalam negosiasi untuk menjual sebagian kecil kepemilikannya di unit bisnis terbarukan, Repsol Renewables.
Button AI Summarize

Raksasa energi Spanyol, Repsol, dilaporkan sedang dalam negosiasi untuk menjual sebagian kepemilikannya di unit bisnis energi terbarukannya, Repsol Renewables.

Menurut sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut, langkah ini dilakukan untuk mendanai rencana strategi perusahaan hingga tahun 2027. “Repsol telah menerima pendekatan dari investor dan telah menunjuk Santander sebagai penasihat penjualan,” kata sumber tersebut seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (15/5).

Repsol akan tetap menguasai lebih dari 50% Repsol Renewables dalam transaksi yang dapat melibatkan investor untuk menyuntikkan dana baru ke dalam bisnisnya, kata sumber tersebut. Reuters tidak dapat memastikan identitas investor tersebut.

Diskusi masih dalam tahap awal, tambah sumber tersebut, sambil memperingatkan bahwa belum ada kepastian bahwa kesepakatan itu akan terjadi.

Repsol Renewables bernilai 5,9 miliar euro, sekitar US$ 6,4 miliar atau lebih dari Rp 102 triliun dengan kurs yang berlaku saat ini, termasuk utang, menurut catatan penelitian yang diterbitkan oleh UBS pada April.

Repsol menjual 25% saham divisi tersebut pada tahun 2022 kepada perusahaan asuransi Prancis Crédit Agricole Assurances dan Energy Infrastructure Partner (EIP.) yang berbasis di Swiss.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...