Mubadala Energy Jajaki Proyek Migas Andaman III usai Dilepas Repsol

Lavinda
Oleh Lavinda
1 September 2023, 13:14
Migas
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nym.
Direktur Utama Pertamina Persero Nicke Widyawati (kedua kanan) bersama Direktur Utama Mubadala Energy Mansoor Mohamed Al Hamed (kedua kiri) menunjukan naskah nota kesepahaman (MoU) kerja sama riset pengembangan dan implementasi pengurangan emisi karbon di Convention Exibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (25/72023).

SKK Migas mengatakan Mubadala Energy tertarik untuk melanjutkan tajak sumur eksplorasi di Blok Andaman III, seiring langkah Repsol dan Petronas yang tidak memperpanjang tambahan waktu eksplorasi (TWE) Blok Andaman III hingga berakhir pada 23 Juni 2023 lalu.

Keputusan tersebut menyusul hasil negatif pada kegiatan eksplorasi di Sumur Rencong-1X yang mendapati hasil kering atau tidak menemukan cadangan migas alias dry hole.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan Mubadala tengah mempelajari formasi dan hasil seismik sumur di Blok Andaman III. Dwi menilai, perusahaan energi asal Uni Emirat Arab sanggup mengelola wilayah kerja (WK) migas di perairan Aceh tersebut.

Alasannya, Mubadala saat ini mengelola tiga Blok Migas di laut Andaman. Di antaranya Blok Andaman I, Andaman II dan South Andaman. Blok Andaman I yang dikelola oleh Mubadala Petroleum (MP) dan Harbour Energy rencananya akan beroperasi atau on-stream pada 2030.

“Pastinya yang dekat-dekat di sana yang kemungkinan bisa integrasikan di wilayah Andaman III,” kata Dwi di Gedung Nusantara III DPR Jakarta pada Kamis (31/8).

Hal serupa juga dikatakan oleh Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji. Dia mengatakan pihaknya terbuka jika Mubadala ingin mengajukan studi bersama atau joint study Blok Andaman III.

Kendati demikan, Mubadala hingga kini belum memiliki hak partisipasi pada wilayah kerja Andaman III. “Kalau Mubadala ingin joint study kami terbuka. Sejauh ini belum ada komitmen, baru bicara saja,” ujar Tutuka.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...