Menteri Rini: Harga Saham Freeport Mengacu Hitungan Menteri ESDM

Miftah Ardhian
9 Mei 2016, 18:58
Freeport Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah selesai menghitung nilai wajar harga saham PT Freeport Indonesia. Namun, hingga kini belum ada keputusan final dari pemerintah untuk membeli jatah saham divestasi perusahaan tambang di Papua tersebut.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan pihaknya hanya mendapat tugas menghitung nilai saham wajar yang akan diajukan kepada manajemen Freeport. Hal ini menindaklanjuti keberatan pemerintah mengenai harga saham yang ditawarkan Freeport kepada pemerintah. (Baca: Pemerintah Tolak Usulan Harga Saham Freeport)

Sementara mengenai proses negosiasi, Sudirman menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Rencananya pemerintah akan menugaskan Kementerian BUMN untuk membeli saham divestasi tersebut. “Mengenai negosiasi yang akan memegang saham ada di Kementerian BUMN, maka saya tidak di depan, saya di belakang menyiapkan data,” katanya di Jakarta, pekan lalu.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengakui bahwa pembelian saham Freeport Indonesia akan mengacu pada perhitungan harga dari Kementerian ESDM. Bahkan sebenarnya Kementerian BUMN pun juga sudah melakukan perhitungan yang sama. (Baca: Freeport Buka Negosiasi Harga Saham Divestasi)

Perhitungan harga versi pemerintah ini merupakan tawaran dari pemerintah yang akan diajukan kepada Freeport dalam proses negosiasi. Masalahnya Kementerian BUMN belum bisa melakukan negosiasi mengenai pembelian saham tersebut dengan Freeport. Mengingat sampai saat ini pemerintah belum memutuskan dan memberi penugasan kepada Kementerian BUMN untuk membeli saham Freeport.

“Sampai sekarang belum ada (penugasan),” ujar Rini saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/5). Saat ini, kata dia, pemerintah masih memantau perkembangan dan respons dari pihak Freeport terkait keberatan harga yang ditawarkan dan nilai yang diajukan pemerintah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...