Cegah Penyebaran Corona, Kementan Disinfeksi Seluruh Gedung C

Rizky Alika
25 Agustus 2020, 13:58
Ilustrasi Gedung Kementerian Pertanian.di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.
Youtube / Kementerian Pertanian
Ilustrasi Gedung Kementerian Pertanian di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.

Kementerian Pertanian membantah kabar yang menyebutkan adanya karantina wilayah atau lockdown  di lingkup kementeriannya usai belasan pegawai positif terpapar virus corona. Kementan akan menutup sementara gedung C untuk proses desinfeksi total ke seluruh ruangan.

Sementara proses desinfeksi berjalan, seluruh pegawai tetap bekerja dari rumah. Proses desinfeksi diperkirakan hanya berlangsung beberapa hari.

"Kami perlu waktu untuk tindakan pencegahan dan antisipasi penularan lanjutan. Yang terdeteksi pun saat ini sudah ditangani dan isolasi mandiri," kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (25/8).

Sejak awal pandemi Covid-19, Kementan telah membentuk Satgas Covid-19 Kementerian Pertanian yang melibatkan dokter dan tenaga medis. Satgas Covid-19 Kementan bertugas untuk melakukan penelusuran dan isolasi agar penyebaran virus tidak meluas.

Kementan telah memiliki prosedur untuk melakukan tes cepat (rapid test) secara berkala bagi pegawai yang masih bertugas di kantor maupun lapangan. Jika ditemukan hasil reaktif pada tes cepat, satgas akan melakukan uji usap (swab test).

Langkah tim Satgas Covid-19 Kementan untuk menelusuri dan memperketat deteksi perlu dilakukan. Sebab, sebagian besar pegawai Kementan masih aktif turun ke lapangan.

"Kami tetap ke lapangan, melayani petani, peternak, dan masyarakat yang butuh dukungan Kementan meski saat ini masih pandemi," katanya.

Sebelumnya, sejumlah pegawai di lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian dinyatakan positif terpapar virus Covid-19, usai menjalani tes polymerase chain reaction (PCR).

Gedung Kementan ditutup sementara pada 24-26 Agustus 2020 guna dilakukan disinfeksi ke seluruh ruangan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...