Tiga Negara Berminat Investasi MRT Jakarta, Akan MoU di Momen G20

Nadya Zahira
25 Oktober 2022, 09:52
Pekerja melakukan uji coba rel saat pengerjaan proyek MRT Jakarta Fase 2A di Kawasan Monas, Jakarta, Selasa, (20/9).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja melakukan uji coba rel saat pengerjaan proyek MRT Jakarta Fase 2A di Kawasan Monas, Jakarta, Selasa, (20/9).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (24/10), bertemu dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di kantor Kemenhub Jakarta, Senin (24/10). Dalam pertemuan tersebut, Budi menyatakan bahwa saat ini sudah ada tiga negara yang antre menjadi investor MRT Jakarta.

Budi mengatakan, saat ini sudah ada satu fase proyek MRT Jakarta yang beroperasi yaitu rute HI - Lebak Bulus. Sementara fase 2 yaitu HI-Ancol saat ini sedang dalam proses pembangunan.

“Untuk fase-fase selanjutnya, pemerintah Indonesia akan membuka kerjasama dengan pihak Jepang, Korea, dan Inggris, yang akan dimulai dengan MoU di perhelatan G20,” ujar Budi di Jakarta, Senin (24/10).

Dia mengatakan, banyaknya peminat investasi MRT menimbulkan kompetisi sehingga pemerintah mendapatkan penawaran lebih baik pada proses tender. Saat ini, pemerintah tengah melakukan Feasibility Study (FS) proyek MRT Fase 3 (timur-barat).

Kajian Proyek MRT fase 3 tersebut ditargetkan selesai pada 2023.  Sementara pembangunan MRT fase 3 direncanakan akan dimulai pada 2024.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...