Kereta Cepat Jakarta Surabaya Akan Lewati Kertajati dan Yogyakarta

Nadya Zahira
4 November 2022, 13:30
Kereta Cepat Jakarta Bandug
Dokumentasi KCIC
Kereta Cepat Jakarta Bandug

 Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Surabaya diproyeksikan akan melalui jalur selatan Jawa. Sejumlah titik yang dilalui di antaranya Bandara Kertajati dan Yogyakarta.

 “Kami memiliki rencana bahwa Kereta Cepat ini nantinya akan dihubungkan dengan sejumlah simpul transportasi misalnya dengan Bandara Kertajati, yang diproyeksikan jika tol Cisumdawu telah selesai maka Bandara Kertajati akan semakin ramai,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dikutip dari keterangan resmi pada Jumat (4/11).

 Secara rinci, rute Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ini adalah Jakarta - Karawang - Bandung - Kertajati - Purwokerto - Yogyakarta - Solo - Madiun - Surabaya. 

 Menurut Budi, Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan mempersingkat waktu tempuh menjadi hanya 4 jam saja. Proyek ini akan segera dimulai setelah Kereta Cepat Jakarta – Bandung atau KCJB rampung. 

 Disamping pembangunan kereta cepat jalur selatan, pemerintah juga tengah merencanakan pembangunan kereta api semi cepat Surabaya lewat utara. Selain itu,  pemerintah juga menrencanakan angkutan massal perkotaan MRT dan LRT di sejumlah kota seperti Surabaya, Bandung, Medan, Makassar, Semarang dan Bali.  

Budi mengatakan, pemerintah berencana untuk melakukan studi yang melibatkan lembaga keuangan dunia seperti Bank Dunia, Asian Development Bank (ADB), Japan International Cooperation Agency (JICA), dan konsultan lainnya dari mancanegara. 

“Terlepas dari pembahasan rencana jangka panjang pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Surabaya, saat ini kami tengah fokus untuk menyelesaikan pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung yang ditargetkan sudah dapat beroperasi pada tahun 2023 mendatang,” ujar Budi.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...