Pemerintah dan BUMN Mulai Bangun IKN Nusantara, Ini Penampakannya

Tia Dwitiani Komalasari
24 Desember 2022, 15:58
Pekerja berdiri di depan area hunian pekerja konstruksi IKN Nusajtara di di Penajam Paser, Kalimanta Timur, pada Jumat (23/12).
Yura Syahrul/Katadata
Pekerja berdiri di depan area hunian pekerja konstruksi IKN Nusajtara di di Penajam Paser, Kalimanta Timur, pada Jumat (23/12).

Pemerintah bersama Badan Usaha Milik Negara atau BUMN mulai membangun Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo bersama sejumlah direktur utama dan petinggi perusahaan BUMN mengunjungi kawasan IKN di Penajam Paser, Kaltim, pada Jumat (23/12).

Sejumlah BUMN yang hadir yaitu petinggi dari Bank Rakyat Indonesia dan Semen Indonesia. Hadir juga petinggi BUMN Karya yaitu Hutama Karya (HK), Pembangunan Perumahan (PP), Wijaya Karya, dan Brantas Abipraya.

Dalam kunjungan itu, rombongan meninjau titik awal pembangunan jalan tol menuju IKN, Titik Nol Nusantara, dan lokasi pembangunan hunian pekerja.

IKN Nusantara
Hunian pekerja proyek IKN Nusantara (Yura Syahrul/Katadata)



Rombongan kemudian menginap di Camping Ground, area di dalam IKN yang terletak sekitar 7 kilometer dari Titik Nol atau sekitar 4 kilometer dari lokasi pembangunan Istana Presiden.

Lahan Istana Presiden di IKN Nusantara
Lahan Istana Presiden di IKN Nusantara (Yura Syahrul/Katadata)



Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pemerintah mengalokasikan dana pembangunan IKN Nusantara sebesar Rp 46 triliun. Dana tersebut akan disalurkan bertahap hingga 2024.

"Pembangunan IKN tersebut dikerjakan oleh Kementerian PUPR dan BUMN karya yaitu PT PP, Hutama Karya, Waskita Karya, Adhi Karya, Wijaya Karya," ujarnya.

Proyek IKN Nusatara
Proyek IKN Nusatara (Yura Syahrul/Katadata)



Kartika mengatakan, proyek pertama pembangunan IKN Nusantara berada di area 1A. Pada area tersebut akan dibangun Istana presiden, kantor-kantor Kementerian koordinator, dan Sekretariat Negara.

Pembangunan juga akan dilanjutkan ke area 1B dan 1C.

Dia mengatakan, tantangan terbesar pembangunan IKN Nusantara adalah kontur tanah yang tidak rata. Misalnya saja istana yang ada di lokasi tertinggi.

Namun demikian, pemerintah tidak mengubah kontur atau membuka lahan. Pasalnya, konsep IKN adalah kota di tengah hutan.

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...