Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Percepat Mobilitas ke Padang

Andi M. Arief
4 Januari 2023, 17:43
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Pekanbaru Bangkinang di Provinsi Riau, Rabu (4/1). Foto: Antara.
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Pekanbaru Bangkinang di Provinsi Riau, Rabu (4/1). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer. Jalan tol tersebut diharapkan mampu meningkatkan arus kendaraan dari Riau menuju Sumatera Barat dan sebaliknya.

Presiden Widodo mencatat pembangunan jalan tol tersebut telah menghabiskan anggaran senilai Rp 4,8 triliun. Pemerintah juga akan menyambungkan jalan bebas hambatan tersebut ke Jalan Lingkar Pekanbaru.

Advertisement

"Sehingga Dumai, Pekanbaru, dan Bangkinang akan tersambung terus ke arah Padang,"kata Presiden Widodo dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (4/1).

Presiden Jokowi berharap pengoperasian Tol Pekanbaru-Bangkinang dapat meningkatkan kecepatan mobilitas barang, jasa, dan orang di Provinsi Riau. Di samping itu, Presiden Widodo berharap tol tersebut dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru.

Meski demikian, Jokowi enggan memberikan target rampungnya. "Saya tidak bisa bicara karena memang masih panjang," kata Jokowi.

Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT mencatat Tol Pekanbaru-Bangkinan merupakan bagian dari Jalan Tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254,8 kilometer. Artinya, tol tersebut akan menjadi jalan tol terpanjang di dalam negeri saat beroperasi nantinya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement