Produsen Merchandise Rugi Karena Piala Dunia U20 Batal Digelar di RI

Nadya Zahira
31 Maret 2023, 12:06
Petugas merapikan merchandise Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-20 di Jakarta, Kamis (30/3/2023). PT. Juara Raga Adidaya (Juaraga) selaku pemegang lisensi merchandise untuk Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-20 2023 merasakan dampak dari pencoretan Indonesia sebag
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Petugas merapikan merchandise Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-20 di Jakarta, Kamis (30/3/2023). PT. Juara Raga Adidaya (Juaraga) selaku pemegang lisensi merchandise untuk Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-20 2023 merasakan dampak dari pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah, salah satunya adalah sektor UMKM yang telah bekerja sama untuk memproduksi 53 jenis merchandise tersebut.

Produsen merchandise Piala Dunia U20 merasa kecewa dan dirugikan karena Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Mereka yang melibatkan banyak usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM, sudah memproduksi merchandise Piala Dunia U20 yang sebelumnya akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni.

PT Juara Raga Adidaya atau Juaraga yang memegang lisensi merchandise resmi untuk turnamen Piala Dunia FIFA U-20 Indonesia 2023 menyatakan mereka telah memproduksi merchandise yang cukup banyak dengan kualitas tinggi.

“Kami telah berkomitmen untuk menghasilkan merchandise berkualitas tinggi dan menarik untuk turnamen ini, dan kami sangat sedih tidak jadi dapat memberikan pengalaman merchandise yang diharapkan para penggemar,” ujar manajemen dikutip dari pernyataan resminya, yang diunggah di akun instagram @juaraga.id dan @appareljuara, pada Jumat (31/3).

Juaraga juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah UMKM untuk memproduksi merchandise tersebut. Dengan demikian, pembatalan turnamen dunia ini juga sangat berdampak pada UMKM yang terlibat, termasuk para produsen, dan penyedia bahan baku.

Namun, mereka tetap bangga karena telah ditunjuk langsung oleh FIFA sebagai pemegang lisensi merchandise resmi turnamen Piala Dunia U20 2023. Mereka bahkan telah melaksanakan amanah dengan memproduksi sebanyak 53 jenis merchandise.

“Jumlah merchandise itu terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20. Tentu kami apresiasikan atas produk-produk yang telah kami hasilkan dari FIFA, PSSI, dan LOC, juga dari masyarakat yang sempat membeli, kami terima sebagai bentuk prestasi,” kata mereka.

Meski Indoensia batal menjadi tuan rumah atas turnamen dunia tersebut, PT Juara Raga Adidaya mengatakan akan terus berkomitmen untuk mendukung sepakbola dan olahraga di Indonesia. Mereka juga akan terus mendukung UMKM dalam negeri. 

“Kami berupaya untuk membantu UMKM dalam memulihkan usaha mereka dan menghadapi tantangan imbas dari pembatalan turnamen dunia tersebut. Kami pun berharap dapat terus bekerja sama dengan FIFA dan PSSI untuk menyediakan merchandise resmi  turnamen sepakbola di masa depan” tulis pernyataan tersebut.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...