Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Hanya Dibuka Sampai Pukul 15.00 WIB Saat Mudik

Tia Dwitiani Komalasari
10 April 2023, 04:04
Foto udara pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi 6 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022).
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah /foc.
Foto udara pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi 6 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022).

Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan, akan beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2023. Namun demikian, tol ini akan beroperasi terbatas dari siang hingga sore pukul 15.00 WIB.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kakorlantas Polri Firman Santyabudi mengecek kondisi Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6, Minggu (9/4).

“Tanggal 15 April 2023 nanti tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 ini sudah selesai dan secara fungsional bisa digunakan. Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” ujar Menko Muhadjir.

Bisa Beroperasi One Way

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, alasan tol Cisumdawu masih beroperasi secara fungsional pada saat mudik Lebaran tahun ini karena mempertimbangkan aspek keselamatan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, Tol Cisumdawu masih beroperasi terbatas.

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” tutur Menhub.

Menteri PUPR, Basuki  Hadimuljono, mengatakan pengaturan lalu lintas jalur Tol Cisumdawu saat dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

"Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Basuki.

Usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Menteri Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...