IBC Berencana Caplok 5% Saham Pabrik Baterai LG-Hyundai di Karawang

Muhamad Fajar Riyandanu
13 April 2023, 12:05
ibc, pabrik baterai kendaraan listrik, lg,
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Ilustrasi mobil listrik mengisi daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

PT Indonesia Battery Corporation (IBC) berencana untuk mengakuisisi 5% saham di proyek pabrik baterai kendaraan listrik kerja sama LG Energy Solution dan Hyundai Group di Karawang, Jawa Barat.

Proyek tersebut akan mulai beroperasi pada April 2024 dengan kapasitas produksi fase pertama sebesar 10 giga watt hour (GwH) dengan menghasilkan lebih dari 150.000 unit baterai kendaraan listrik. Sejauh ini pembangunan pabrik sudah mencapai 80% fasa konstruksi.

Pembangunan pabrik yang diberi nama ‘Proyek Omega’ itu memiliki nilai investasi sebesar US$ 1,1 miliar atau setara Rp 16,3 triliun untuk fase pertama. Para pemegang saham pada proyek tersebut juga berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi hingga 20 GwH.

Direktur Utama IBC, Toto Nugroho, menyampaikan bahwa perusahaan sedang melakukan proses negosiasi dan uji tuntas atau due diligence untuk mengambil 5% saham proyek yang diklaim sebagai pabrik baterai listrik terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Namun sejauh ini konsorsium LGES dan Hyundai belum memberikan kebutuhan data due diligence yang diminta oleh IBC. "Kami masih negosiasi, rencana akan masuk secara minoritas hampir 5% di proyek Omega," kata Toto dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Rabu (12/4).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...