Mendag Lapor Jokowi: Harga Bahan Pangan Selama Lebaran Terjaga

Andi M. Arief
26 April 2023, 13:53
jokowi, pangan, lebaran, mendag
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) berbincang dengan pedagang beras di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (3/4/2023).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan harga bahan pokok di pasar terkendali selama 10 hari terakhir. Zulkifli melaporkan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo hari ini di Istana Merdeka.

Zulkifli menilai pengendalian harga tersebut disebabkan oleh persiapan yang dilakukan sekitar 10 hari sebelum Idul Fitri 2023. Menurutnya, salah satu yang dipersiapkan menghadapi lonjakan permintaan pada Lebaran tahun ini adalah peningkatan pasokan di lapangan.

"Bahan pokok tersedia, harga terkendali, bahkan sampai hari ini tak ada masalah apa-apa. Saya sampaikan tadi ke Presiden Jokowi mengenai sembako aman sampai H+4 Lebaran tahun ini," kata Zulkifli di Istana Kepresidenan, Rabu (26/4).

Zulkifli mengatakan sebagian harga bahan pokok mengalami penurunan harga. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, bahan pokok yang dimaksud adalah beras medium, tepung terigu curah, dan minyak goreng curah.

Berdasarkan data Badan Pangan Nasional, rata-rata nasional harga ketiga barang tersebut per 26 April 2023 lebih rendah dari capaian 12 April 2023. Namun penurunan tersebut tidak lebih dari Rp 100 per kilogram (Kg).

Rata-rata nasional harga beras medium terdata turun Rp 10 per Kg dari capaian 12 April 2023 menjadi Rp 11.900 pada 26 April 2023. Adapun, rata-rata nasional harga minyak goreng curah turun Rp 40 per Kg menjadi Rp 14.970 per Kg, sementara itu harga tepung terigu curah susut Rp 30 per Kg menjadi Rp 11.170 per Kg.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...