Penginapan Labuan Bajo Penuh, 26 Hotel Apung Disiapkan untuk KTT ASEAN

Nadya Zahira
3 Mei 2023, 09:23
Sejumlah pengunjung menikmati eksotisme pemandangan Labuan Bajo menggunakan Kapal pinisi yang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengunjungi destinasi favorit di Labuan Bajo, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sejumlah pengunjung menikmati eksotisme pemandangan Labuan Bajo menggunakan Kapal pinisi yang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengunjungi destinasi favorit di Labuan Bajo, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Pemerintah menyiapkan 26 kapal dengan kapasitas tampung 4.200 orang untuk wisatawan dan tamu selama agenda Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 pada 10-11 Mei 2023. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, kapal-kapal yang tersedia tersebut mulai dari kapal pinisi hingga kapal wisata lainnya.

"Kapal-kapal juga dipersiapkan sebagai akomodasi alternatif lainnya, yang dijadikan sebagai hotel apung atau yang kita sebut Live on Board," ujar Sandiaga dalam acara Weekly Briefing, Jakarta, Selasa (2 /5)

Sandiaga mengatakan, saat ini penginapan di Labuan Bajo sudah penuh. Kawasan Labuan Bajo memiliki 1.500 kamar dari 38 hotel dan 1.800 kamar homestay.

Dia mengatakan, kamar kos dan rumah masyarakat yang disewakan juga sudah terisi penuh. Menurutnya, dengan adanya gelaran acara besar tersebut dapat berdampak besar bagi pendapatan masyarakat lokal di Labuan Bajo.

"Adanya acara besar KTT ASEAN ini tentu dapat berdampak pada pemasukan masyarakat lokal di Labuan Bajo karena kos dan rumah mereka banyak disewa, terutama oleh para wisatawan nusantara," ujar Sandiaga.

Kemenhub Siapkan Kapal KM Sinabung

Sementara itu, Kementerian Perhubungan juga telah menugaskan PT. Pelni (Persero) untuk mengoperasikan kapal KM. Sinabung sebagai akomodasi terapung dalam mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengatakan KM Sinabung rencananya akan sandar di Dermaga Waterfront Labuan Bajo pada tanggal 7-12 Mei 2023. Kapal tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk menampung tamu asing yang terdiri dari wartawan atau media asing yang tidak mendapatkan akomodasi di Labuan Bajo.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...