Apindo Prediksi Badai PHK Industri Alas Kaki Masih Marak Tahun Ini

Nadya Zahira
16 Juni 2023, 08:35
phk, alas kaki, apindo
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Pekerja menyelesaikan produksi sepatu kulit di Sentra Sepatu Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/11/2022). Kementerian Perindustrian mencatat kontribusi industri kulit, serta industri alas kaki terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional menembus angka Rp7,57 triliun pada kuartal II/2022.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada industri padat karya seperti alas kaki masih marak terjadi tahun ini. PHK tersebut dipicu oleh penurunan permintaan global yang cukup signifikan. 

“Semoga tahun depan kita bisa mulai pulih,” ujar Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani, kepada awak media, di Jakarta, Kamis (15/6). 

Shinta mengatakan, penurunan pendapatan industri alas kaki didorong oleh  permintaan ekspor yang menurun drastis. Oleh sebab itu, ia berharap pemerintah bisa memberikan solusi.

“Karena industri padat karya salah satu tujuan kita untuk bisa ekspor,” kata Shinta. 

Dia mengatakan, upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi maraknya PHK pada industri alas kaki yaitu dengan mencari pasar-pasar baru ekspor. Namun, di sisi lain, kualitas tenaga kerja juga harus ditingkatkan.

"Industri padat karya harus mulai memperhatikan dari segi pekerjaannya,” kata Shinta.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...