IHC Wujudkan Transformasi Pariwisata Medis Indonesia

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
17 Juni 2023, 14:25
IHC memang berkomitmen membangun layanan kesehatan rumah sakit bertaraf internasional bernama Bali International Hospital (BIH) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan, Sanur, Bali.
RS Pertamina
IHC memang berkomitmen membangun layanan kesehatan rumah sakit bertaraf internasional bernama Bali International Hospital (BIH) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan, Sanur, Bali.

PT Pertamina Bina Medika IHC (Indonesia Healthcare Corporation) mendukung pelestarian keseimbangan destinasi wisata Indonesia. Oleh karena itu, Holding Rumah Sakit BUMN ini turut menjadi bagian dalam upaya mewujudkan pariwisata medis di Indonesia.

Hal tersebut dilatarbelakangi bahwa terdapat 2 juta masyarakat Indonesia yang berobat keluar negeri. Di samping itu, IHC memang berkomitmen membangun layanan kesehatan rumah sakit bertaraf internasional bernama Bali International Hospital (BIH) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan, Sanur, Bali.

Direktur Utama IHC drg. Mira Dyah Wahyuni, MARS mengatakan bahwa saat ini sedang dalam persiapan pengoperasian BIH. Layanan kesehatan ini memiliki teknologi canggih serta punya keunggulan centres of excellence yang disingkat CONGO (Cardiology, Oncology, Neorology, Gastroentero-Hepatologi, Orthopedic). Ditambah, tersedia layanan medical check up (MCU) dan diagnostic centre.

Mira menjelaskan, BIH dirancang sebagai layanan wisata medis di Indonesia, rencana akan beroperasi pada kuartal II 2024. Infrastruktur kesehatan ini kelak berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dengan 4 lantai dan 260 bangsal.

Rumah sakit tersebut juga mengusung konsep ramah lingkungan atau green hospital dengan 183 pohon disekililingnya. ”Selain itu, jumlah pohon yang dilakukan relokasi adalah 123 pohon untuk menghindari adanya penebangan pohon di area rumah sakit,” ucapnya di sela Bali and Beyond Travel Fair 2023 di Bali, Sabtu (17/6).

Ia melanjutkan dalam pengoperasiannya, IHC juga berkolaborasi dengan Mayo Clinic, yakni rumah sakit nomor 1 di Amerika Serikat, serta terpercaya di industri kesehatan dunia. Ini bertujuan untuk memberikan kualitas layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia berstandar internasional.

Keunggulan Bali International Hospital lain adalah berada di wilayah KEK Kesehatan Bali yang memberikan kemudahan bagi tenaga kesehatan diaspora agar dapat berpraktik di area KEK Kesehatan. Selain itu, pasokan obat maupun alat kesehatan atas izin BPOM di wilayah KEK Kesehatan lebih mudah.

“Ini untuk memenuhi kebutuhan pasien-pasien dengan penyakit seperti kanker yang umumnya masih pergi keluar negeri dikarenakan keterbatasan obat-obatan,” ucap Mira. Pasalnya, kemudahan layanan kesehatan juga didukung Peraturan Kementerian Kesehatan (Permenkes) No. 1/2023 tentang Penyelenggaraan Usaha Pelayanan Kesehatan di KEK Kesehatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...