Roatex Sebut Bakal Ada BLU Baru Khusus Kelola Sistem Tol Tanpa Henti

Nadya Zahira
10 Juli 2023, 21:33
Tol tanpa henti
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Pengendara mobil memasuki gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Selasa (27/6/2028).

PT Roatex Indonesia Toll System atau PT RITS menyampaikan bakal  membutuhkan Badan Layanan Umum atau BLU baru. Direktur Utama PT RITS Attila Keszeg mengatakan BLU baru tersebut akan mengatur cash flow Multi Lane Free Flow (MLFF) atau sistem tol tanpa sentuh.

"Pengguna jalan tol akan ditangani oleh penyedia pembayaran atau BLU dan bukan kami. Jadi kami hanya menyediakan teknologi di belakang," ujar Attila Keszeg dalam konferensi pers MLFF di Kantor Kedutaan Besar Hungaria, Jakarta, Senin (10/7).

Attila menjelaskan, pengguna jalan tol nantinya akan bertransaksi menggunakan aplikasi Cantas. Pembayaran akan dilakukan dengan berbagai bank atau metode lain. 

"Selanjutnya dana itu akan dihimpun langsung oleh BLU baru tersebut, sehingga PT RITS tidak terlibat dalam cash flow MLFF," ujar Attila. 

Dia mengatakan, untuk skema pembiayaan proyek menggunakan retribusi tarif yang dibayarkan oleh pengguna jalan tol untuk digunakan sebagai pelunasan proyek. Dalam hal ini, Pemerintah Hungaria telah menginvestasikan sebesar US$ 300 juta dolar atau setara dengan Rp 4,4 triliun.

Attila mengatakan proyek sistem MLFF tersebut dapat berjalan baik, maka dalam 9 tahun masa konsesi pemerintah Hungaria akan mendapatkan kembali uang investasi tersebut. Selanjutnya setelah 9 tahun pengelolaan MLFF akan dialihkan kepada pemerintah Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...