Bulog Sebut Impor 300 Ribu Ton Beras Tahap Kedua Mulai Masuk Indonesia

Nadya Zahira
20 Juli 2023, 21:13
Bulog Sebut Beras Impor 300 Ribu Ton Mulai Masuk ke Indonesia
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Pekerja mengangkut beras saat proses penyaluran beras ke pasar-pasar di Gudang Perum BULOG Sub Divre Serang, Banten.

Perum Bulog menyatakan untuk mengantisipasi adanya ancaman cuaca ekstrem El Nino atau musim kemarau panjang, pihaknya ditugaskan untuk menambah pasokan beras dari importasi. Tahun ini, Bulog ditugaskan mengimpor 2 juta ton beras yang dilakukan secara bertahap dari beberapa negara seperti India, Thailand, Vietnam, dan Pakistan. 

Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita mengatakan, pihaknya sudah merealisasikan impor untuk 2023 sebanyak 500 ribu ton pada tahap pertama. Saat ini sedang berjalan tahap kedua dengan mengimpor 300 ribu ton. Impor beras tersebut dilakukan untuk memenuhi cadangan beras pemerintah atau CBP. 

“Tentunya Bulog juga terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah guna menjaga pemerataan ketersediaan stok beras dalam keadaan rawan seperti saat ini,” kata Febby, melalui keterangan resminya, Kamis (20/7). 

Dia menyebutkan, hingga saat ini stok beras Bulog di gudang sebanyak 750 ribu ton. Sedangkan untuk total sejak awal tahun, Bulog telah menyerap beras petani dalam negeri sebanyak 700 ribu ton.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, stok beras yang dikuasai Bulog saat ini ada sebanyak 750 ribu ton, disamping itu juga hingga hari ini BULOG sudah menyerap lebih dari 700 ribu ton beras petani dalam negeri dan akan terus menyerap selama produksi masih ada dan sesuai ketentuan,” kata dia.

Sebelumnya Perum Bulog mendapat penugasan dari Badan Pangan Nasional untuk mengimpor 2 juta ton beras sampai akhir Desember 2023 guna memenuhi cadangan beras pemerintah.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...