Biaya Produksi Pupuk Meningkat Imbas Kenaikan Harga Gas Industri

Andi M. Arief
15 Agustus 2023, 14:53
Petani memupuk tanaman padi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2023). Kementerian Keuangan mencatat penyaluran bantuan pupuk dan benih untuk petani hingga April 2023 mencapai Rp274,4 miliar atau 73,6 persen dari total realisasi anggaran b
ANTARA FOTO/Arnas Padda/rwa.
Petani memupuk tanaman padi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2023). Kementerian Keuangan mencatat penyaluran bantuan pupuk dan benih untuk petani hingga April 2023 mencapai Rp274,4 miliar atau 73,6 persen dari total realisasi anggaran belanja pemerintah pusat pada sektor pertanian sebesar Rp372,8 miliar.

Biaya produksi pupuk meningkat akibat kenaikan harga gas industri. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, tarif gas berkontribusi hingga 70% dalam struktur biaya produksi pupuk.

Sebagai informasi, pemerintah menaikkan harga gas industri berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 91-2023 tentang Pengguna Gas Bumi Tertentu dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri.

Secara singkat, beleid tersebut meningkatkan Harga Gas Bumi Tertentu atau HGBT bagi PT Pupuk Kujang Cikampek dan PT Pupuk Iskandar Muda atau PIM. Tarif gas untuk Pupuk Kujang naik menjadi US$ 6,09 per MMBTU, sementara gas untuk PIM menjadi US$ 6,9 per MMBTU. Artinya, tarif gas untuk Pupuk Kujang naik 2,35% dan untuk PIM tumbuh 4,38%.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia atau APPI, Achmad Tossin Sutawikara, mengatakan Pupuk Indonesia akan melakukan strategi efisiensi produksi dalam menerapkan penyesuaian tarif tersebut.

Tossi mengatakan PT Pupuk Indonesia yang menjadi induk Pupuk Kujang dan PIM harus mengikuti arahan penyesuaian HGBT tersebut. Pasalnya, Pupuk Indonesia merupakan badan usaha milik negara.

"Sebagai korporasi, Pupuk Indonesia harus berupaya untuk tetap bertahan hidup mencetak keuntungan, sekalipun ada peningkatan biaya bahan baku," katanya kepada Katadata.co.id, Selasa (15/8).

Namun demikian, APPI berupaya untuk tidak menaikkan harga pupuk di tingkat petani. Namun demikian, perlu ada pembahasan besaran subsidi yang diberikan untuk produksi pupuk. 

"Hanya perlu ada pembahasan dulu dengan Kementerian Pertanian, karena menyangkut besaran dana subsidi yang tersedia," kata Tossin.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...