Alasan PGN Naikkan Harga Gas untuk Pelanggan Industri

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Agustus 2023, 14:45
PGN
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/aww.
Pekerja bersepeda dengan latar belakang LPG Facility di kawasan Onshore Processing Facility (OPF) Saka Indonesia Pangkah Limited (SIPL), Gresik, Jawa Timur, Kamis (13/7/2023).

PT Perusahaan Gas Negara atau PGN berencana menaikkan harga gas industri mulai  1 Oktober 2023. Keputusan ini tertuang dalam surat edaran perusahaan kepada para pelanggan. 

Melalui surat tersebut, PGN menginformasikan kenaikan harga gas kepada sejumlah pelanggan komersial dan industri. Harga gas di area Bogor dan Karawang menjadi US$ 11,89 per MMBtu dari sebelumnya US$ 9,16 per MMBtu. 

Pemberlakuan harga gas berlaku untuk pemakaian gas pelanggan lebih dari alokasi gas industri tertentu yang biasa disebut non-harga gas bumi tertentu atau non-HGBT. Ini sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 91.K/MG.01/MEM/2023 tentang Pengguna Gas Bumi Tertentu dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri dan Ketentuan Harga Gas Bumi Tertentu.

Dalam surat edaran dijelaskan, komersialisasi gas PGN kepada pelanggan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sumber pasokan gas dan harga pasokan gas dan kontribusi volume masing-masing pasokan gas.

"Perubahan yang diberlakukan pemasok gas kepada PGN berdampak pada penyesuaian harga gas yang akan diberlakukan PGN kepada pelanggan," demikian tertulis dalam surat edaran yang diperoleh Katadata.co.id, Selasa (15/8).

Oleh sebab itu, PGN akan melakukan penyesuaian harga jual gas kepada pelanggan komersial dan industri yang akan diberlakukan sejak 1 Oktober 2023.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan keberlangsungan peran aktif PGN dalam menyediakan pasokan gas demi mendukung ketahanan energi nasional.

PGN juga terus berkomitmen dalam penyediaan pasokan gas yang andal dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan gas pelanggan yang bersumber langsung dari gas bumi dan hasil regasifikasi Liquefied Natural Gas (LNG) dan Compressed Natural Gas (CNG).

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan komersialisasi gas perusahaan kepada pelanggan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni sumber pasokan, harga pasokan, dan kontribusi volume masing-masing pasokan gas. Penyesuaian yang diberlakukan pemasok gas kepada PGN berdampak pada penyesuaian harga gas yang diberlakukan PGN kepada pelanggan.

Halaman:
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...