JCC dan TMII Akan Punya Wajah Baru Saat KTT ASEAN ke-43

Tia Dwitiani Komalasari
16 Agustus 2023, 07:40
Renovasi jelang KTT ASEAN
Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR memastikan dukungan infrastruktur KTT ASEAN ke-43 akan siap pada 25 Agustus. Infrastruktur tersebut di antaranya Jakarta Convention Center (JCC) sebagai venue utama, peningkatan kualitas jalan di dalam kawasan Gelora Bung Karno, serta Taman Mini Indonesia Indah.

"Kami kira untuk persiapan JCC penggunaan tata ruangnya dan skedul rehabilitasinya sudah sesuai akan selesai 25 Agustus 2023. Jadi sebelum Bapak Presiden meninjau persiapan akhir diharapkan sudah selesai," kata Menteri Basuki dalam  Rapat Koordinasi (Rakor) Panitia Nasional Persiapan Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN Tahun 2023, di Kampus Kementerian PUPR, Selasa (15/8). 

Turut hadir dalam Rakor, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Basuki yang merupakan Penanggung jawab Bidang Pelaksana KTT ASEAN menyarankan untuk dilakukan penyiraman rumput - rumput pada lansekap venue utama khususnya di kawasan JCC, Hutan Kota Plataran, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang rencananya menjadi lokasi spouse program yang dihadiri para ibu negara.

"Tolong betul karena ini masih musim kemarau seperti prediksi Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) rumput-rumput yang kering disiram. Tadi disampaikan akan ada TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) tolong disiapkan betul," kata Basuki.

Rehabilitasi JCC

Rehabilitasi JCC telah dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jakarta Metro, Ditjen Cipta Karya, sejak 12 Juni 2023.

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...