Resmi Beroperasi, Tarif LRT Berlaku Rp 5 Ribu untuk Rute Semua Stasiun

Ira Guslina Sufa
28 Agustus 2023, 07:13
Tarif LRT
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama para artis memasuki stasiun untuk menaiki LRT Jabodebek menuju Stasiun Dukuh Atas di Stasiun Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (10/8/2023).

Moda transportasi Lintas Raya Terpadu (LRT) atau Kereta Api Ringan Jabodebek  dijadwalkan beroperasi melayani penumpang mulai hari ini Senin (28/8). Penggunaan LRT untuk umum rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Pada masa awal penggunaan LRT, Kementerian Perhubungan menerapkan tarif promo selama sebulan pertama. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) menetapkan tarif promo berupa diskon sebesar 78% berupa tarif flat sebesar Rp 5.000,- untuk seluruh lintas pelayanan. 

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menjelaskan tarif promo ini mulai diberlakukan sejak LRT Jabodebek diresmikan sampai dengan akhir bulan September 2023. Tarif promo diberikan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78, serta untuk memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat. 

“Melalui pemberian tarif promo ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi,” ujar Adita seperti dikutip dari akun instagram Kemenhub, Senin (28/8). 

Menurut Adita selain tarif flat Rp. 5.000, skema selanjutnya yang disiapkan yaitu pengenaan tarif maksimal Rp 20.000,- untuk jarak terjauh. Skema tarif ini mulai diberlakukan pada awal bulan Oktober 2023 sampai dengan akhir Februari 2024.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...