PUPR Luncurkan Pembiayaan Rumah Murah Ramah Lingkungan pada 2024

Andi M. Arief
29 Agustus 2023, 16:57
perumahan, rumah murah, rumah hijau, pupr
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/YU
Foto udara perumahan subsidi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (13/8/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meluncurkan Indonesia Green Affordable Housing Program atau IGAHP pada akhir 2024. IGAHP adalah platform pembiayaan perumahan hijau yang terjangkau.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan perancangan atau Blue Book program tersebut telah rampung. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan skema pembiayaan atau Green Book platform tersebut.

"Akan mengundang pihak swasta supaya skalanya lebih besar. Mudah-mudahan 2024 sudah bisa diluncurkan," kata Herry di Hotel Oriental, Selasa (29/8).

Herry mengakui kata rumah hijau dan terjangkau memang bertentangan secara konsep. Namun ia menjelaskan tren perumahan masa depan akan menuju pada rumah hijau.

Oleh karena itu, Herry telah melakukan uji coba pembangunan rumah hijau di beberapa lokasi, salah satunya di Sumatra Selatan. Herry menemukan peningkatan harga rumah hijau terjangkau di sana hanya sebesar 2% atau kurang dari Rp 5 juta.

Herry menjelaskan hal tersebut dapat terjadi karena efisiensi di sisi material, penggunaan air, dan penggunaan energi. Oleh karena itu, Herry optimistis program perumahan hijau terjangkau dapat diterapkan di dalam negeri.

Untuk uji coba selanjutnya, PUPR berencana untuk memasangkan panel surya pada perumahan terjangkau. Herry berpendapat hal rumah tersebut dapat dilakukan pada rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...