Top News: Beli Rumah Bebas PPN, Kabar Reshuffle Kabinet Jokowi

Aryo Widhy Wicaksono
25 Oktober 2023, 05:50
Ilustrasi proyek pembangunan rumah
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/nz
Kawasan perumahan dalam proses penyelesaian pembangunan di Palupi, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (20/9/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan insentif berupa pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN), untuk pembelian rumah di bawah Rp 2 miliar. Kebijakan ini akan berlaku hingga Juni 2024.

Pemerintah berharap dengan adanya insentif, penjualan pada sektor properti dapat lebih bergairah. Sebab, kontribusi capaian PDB sektor perumahaan dan konstruksi nasional sedang menurun, masing-masing 0,67% dan 2,7%.

Advertisement

Insentif PPN 100 persen pada sektor properti ini menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga berita mengenai OJK yang melarang Akulaku untuk menyediakan layanan Paylater, serta wawancara khusus Katadata.co.id dengan pimpinan Partai Gelora.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Jokowi Bebaskan PPN Rumah di Bawah Rp 2 M, Berlaku hingga Juni 2024

Presiden Joko Widodo membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk pembelian rumah di bawah Rp 2 miliar. Pembebasan pajak tersebut berlaku hingga Juni 2024.

Keputusan tersebut merupakan kesepakatan rapat internal Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (24/10). Hadir dalam rapat tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Suharso Monoarfa, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Airlangga menjelaskan, pembebasan 100% PPN akan berlaku segera dengan batas maksimal hingga Juni tahun depan. Setelah Juni 2024, Jokowi tetap memberikan insentif pengurangan PPN menjadi 50% untuk pembelian rumah baru.

Menurut Airlangga, penyaluran stimulus itu bertujuan untuk mengerek penjualan sektor properti. Ia mengatakan sektor ini sanggup menyumbang 14-16% produk domestik bruto (PDB) nasional.

2. Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Besok, Ini Nama-Nama yang Beredar

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan kocok ulang atau reshuffle kabinet pada Rabu (24/10). Sejumlah nama kabarnya masuk untuk mengisi pos strategis di Kabinet Indonesia Maju.

Kabar ini awalnya disampaikan langsung oleh Jokowi. Presiden mengatakan pergantian kemungkinan akan dilakukan beberapa hari lagi. Adapun, posisi yang diisi adalah Menteri Pertanian.

"Mungkin minggu ini," kata Jokowi di Jakarta, Selasa (24/10).

Kabar pelantikan pejabat ini juga dibenarkan oleh pihak Istana Kepresidenan. Meski demikian, Istana belum memberikan nama-nama pejabat yang akan dilantik besok.

"Besok (Rabu) memang ada pelantikan pejabat di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana, dikutip dari Antara, Selasa (24/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement