Jokowi Waspadai 19 Negara Setop Ekspor Pangan karena El Nino

Andi M. Arief
31 Agustus 2023, 16:38
jokowi, ekspor, pangan
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat Rakornas Pengendalian Inflasi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo mengatakakan 19 negara saat ini telah membatasi ekspor pangan. Menurutnya, negara-negara tersebut melakukan hal tersebut untuk mengantisipasi dampak El Nino.

Jokowi memahami strategi hal tersebut akibat prediksi berlanjutnya El Nino hingga awal 2024. Namun Jokowi menilai hal tersebut dapat mengancam beberapa ketersediaan sebagian pangan di dalam negeri, seperti gandum dan beras.

"Sudah enggak bisa impor gandum dan beras lagi nanti," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi di Istana Negara, Kamis (31/8).

Untuk diketahui, salah satu negara yang telah melarang ekspor beras adalah India. Jokowi mengaku telah bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi untuk meminta konfirmasi. 

Jokowi mendapatkan penjelasan bahwa harga beras di India telah naik. Oleh karena itu, strategi yang diterapkan Modi untuk menurunkan harga beras di India adalah menghentikan ekspor secara sementara.

Maka dari itu, Jokowi mengarahkan seluruh pimpinan pemerintah daerah untuk bekerja keras untuk menyelamatkan masyarakat. Jokowi mencatat inflasi pangan di dalam negeri telah mencapai 6,4% per Juli 2023.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...