Kereta Cepat Akan Dijajal pada 8 September, Perdana Menteri Cina Hadir

Andi M. Arief
1 September 2023, 17:45
kereta cepat, luhut, cina
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Rangkaian Electrical Multiple Unit (EMU) KCIC 400 AF menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) usai menjalani Hot Sliding Test di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/5/2023).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan mengatakan Kereta Cepat Jakarta Bandung akan dijajal pada 8 September 2023. Pengujian akan dilakukan bersama Perdana Menteri Cina Li Qiang. 

"Iya (resmi), nanti 8 September saya mendampingi Perdana Menteri Cina coba ke Bandung," kata Luhut saat menjawab pertanyaan awak media di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (1/9).

Ia juga tidak menutup kemungkinan adanya subsidi pada tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Oleh karena itu, pemerintah sedang menghitung subsidi yang dapat diberikan pada tiket KCJB.

"Kami belum tahu apakah akan ada subsidi atau tidak, lihat saja nanti," kata Luhut.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan pemerintah tidak akan memberikan Kewajiban Pelayanan Publik atau PSO pada tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung. Ini karena kereta tersebut tak termasuk kereta kelas ekonomi.

"Secara ketentuan, PSO hanya diberikan untuk kereta kelas ekonomi," kata Adita kepada Katadata.co.id, Senin (21/8).

Hot sliding tes pertama EMU kereta cepat
Hot sliding tes pertama EMU kereta cepat (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.)

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan penumpang mundur jadi September 2023. Sebelumnya, uji coba gratis tersebut dijadwalkan 18 Agustus 2023.  

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia Cina, Eva Chairunisa, mengatakan uji coba pra operasi pada KCIC rencananya akan berlangsung mulai awal September 2023.  Hal itu sesuai dengan arahan dari pemerintah.

“Pada masa tersebut masyarakat dapat mencoba KA Cepat relasi Jakarta - Bandung tanpa dikenakan biaya,” ujar Eva melalui keterangan resminya, Selasa (8/8).  



Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...