Luhut akan Temani PM Cina Li Qiang Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Patricia Yashinta Desy Abigail
6 September 2023, 12:17
kereta cepat, kereta cepat jakarta-bandung
BKIP Kemenhub
Ilustrasi. Kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan proyek kerja sama antara Indonesia dengan Cina. Proyek strategis nasional ini diklaim bisa mempersingkat perjalanan dari Jakarta menuju Bandung hanya dalam waktu 50 menit.

Perdana Menteri Cina Li Qiang akan menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung hari ini, Rabu (6/9). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan rencananya akan menemani uji coba tersebut. 

“Iya nanti siang, rencanaya jam 13.00 WIB,” kata Luhut pada wartawan di Jakarta, Rabu  

Luhut menjelaskan, rute yang akan dijajal Li Qiang kemungkinan tak mencapai Stasiun Tegalluar, yang merupakan pemberhentian terahir tujuan Bandung. Ini karena keterbasan waktu yang dimiliki PM Cina tersebut.  

Presiden XI Jinping sebelumnya sempat dijadwalkan untuk menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung ditemani Presiden Joko Widodo saat menghadiri KTT G20 pada November 2022. Namun, uji coba tersebut batal dilakukan karena keterbatasan waktu yang dimiliki Xi Jinping. 

Kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan proyek kerja sama antara Indonesia dengan Cina. Proyek strategis nasional ini diklaim bisa mempersingkat perjalanan dari Jakarta menuju Bandung hanya dalam waktu 50 menit.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan akses terintegrasi untuk memudahkan mobilitas penumpang ke pusat Kota Bandung dengan menyediakan kereta feeder. 

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan akses terintegrasi untuk memudahkan mobilitas penumpang ke pusat Kota Bandung dengan menyediakan kereta feeder.  

Kereta feeder ini nantinya akan menghubungkan Stasiun Padalarang dengan Stasiun Cimahi atau Stasiun Bandung. Adapun KA Cepat hanya beroperasi dari rute Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang saja.

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...