Produsen Ban Goodyear PHK 1.200 Karyawan

Tia Dwitiani Komalasari
12 September 2023, 10:48
Ilustrasi Goodyear
Instagram Goodyear
Ilustrasi Goodyear

Goodyear Tire & Rubber telah menyetujui rencana rasionalisasi dan reorganisasi tenaga kerja di Eropa, Timur Tengah dan Afrika. Rencana ini mengakibatkan pemutusan hubungan kerja atau PHK 1.200 orang.

Keputusan PHK tersebut diambil setelah aktivis investor Elliott Investment Management pada bulan Mei mengkritik Goodyear karena salah urus dan tertinggal dari pesaingnya Michelin dan Bridgestone.

Elliott, yang memegang 10% saham di perusahaan ban tersebut, juga telah mendorong Goodyear untuk melakukan peninjauan operasional dan penjualan tokonya.

"Restrukturisasi ini akan menghasilkan penghematan “signifikan” dari tahun 2024 hingga 2025," tulis pernyataan perusahaan Goodyear, dikutip dari Reuters, Selasa (12/9).

Kebijakan tersebut dilakukan ketika perusahaan berupaya merampingkan bisnisnya dan memperbaiki struktur biayanya. Perusahaan yang berbasis di Ohio ini memperkirakan total biaya sebelum pajak antara US$ 210 juta dan US$ 230 juta pada tahun 2025 karena restrukturisasi.

Perusahaan berusia 125 tahun itu juga mengatakan pihaknya berharap dapat menginformasikan investor mengenai rencana yang lebih luas pada kuartal keempat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...