Garuda Indonesia Siap Gunakan Bioavtur, Uji Coba Berhasil

Andi M. Arief
10 Oktober 2023, 17:05
MASKAPAI GARUDA INDONESIA
Katadata/ Wahyu Dwi Jayanto

PT Garuda Indonesia Tbk akan menggunakan bahan bakar berkelanjutan atau SAF, J2.4 dalam penerbangan komersial. Maskapai BUMN ini telah berhasil melakukan uji coba penggunaan bioavtur tersebut pada armada miliknya.

Hal tersebut diumumkan setelah uji coba penggunaan J2.4 dengan armada maskapai pelat merah tersebut berhasil.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penggunaan J2.4 merupakan bagian dari inisiatif dekarbonisasi perseroan. Irfan menilai, penggunaan J2.4 dalam industri aviasi diperlukan agar  semakin adaptif bagi keberlangsungan lingkungan hidup.

"Garuda Indonesia siap untuk menjajaki penggunaan SAF tersebut pada lini penerbangan komersial. Kesiapan tersebut akan diselaraskan dengan kajian implementasi SAF secara komprehensif," kata Irfan dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Selasa (10/10).

Irfan menjelaskan,  kajian yang dimaksud akan diselaraskan dengan kesiapan industri aviasi. Dengan demikian, Irfan menyampaikan penggunaan J2.4 oleh Garuda akan menunggu kesiapan industri aviasi secara keseluruhan.

Adapun J2.4 merupakan bioavtur berbasis bahan bakar nabati dengan kandungan minyak inti kelapa sawit. Bahan bakar tersebut telah diuji pada pesawat Boeing 737 dengan mesin pesawat CFM56-7B.

Pesawat milik Garuda tersebut diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Area Pelabuhan Ratu Airspace pada pekan lalu, Rabu (4/10). Hasil uji coba menunjukkan bahwa respons pesawat baik dan terkendali.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...