Harga Gabah Tinggi, Pemerintah Belum Akan Ubah HET Beras

Andi M. Arief
12 Februari 2024, 16:22
harga beras, beras, harga gabah
ANTARA FOTO/M Mardiansyah Al Afghani/sgd/foc.
Pekerja menyusun beras di Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (7/11/2023). Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa penyaluran bantuan sosial (Bansos) beras 10 kilogram hingga Juni 2024 dari rencana sebelumnya yang hanya hingga November 2023 sebagai upaya intervensi dalam mengendalikan harga beras.
Button AI Summarize

Badan Pangan Nasional melihat kenaikan harga beras di tingkat konsumen disebabkan oleh tingginya harga gabah di tingkat petani. Meski demikian, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan, belum berencana menaikkan Harga Eceran Tertinggi atau HET beras.

Arief menjelaskan HET beras dihitung berdasarkan biaya produksi beras, bukan pergerakan harga di pasar. Bapanas mendata, harga beras di tingkat konsumen masih dalam tren pertumbuhan sepanjang Februari 2024.

"Kami akan fokus membenahi produksi dan bukan merubah HET, karena dampak dari perubahan HET akan luas," kata Arief di Pasar Induk Beras Cipinang, Senin (12/2).

Bapanas mendata, rata-rata nasional harga beras medium telah naik Rp 300 per kilogram sepanjang Februari 2024 menjadi Rp 13.830 per kg. Adapun rata-rata nasional harga beras premium naik Rp 370 per kg menjadi Rp 15.570 per kg.

Arief menjelaskan, perubahan HET beras berpotensi mengurangi produksi di dalam  negeri. Selain itu, ia menilai penyesuaian HET akan memperumit pengendalian harga beras saat panen raya dimulai pada Maret 2024.

"Penyesuaian HET saat ini tidak tepat. Kami berharap ada relaksasi HET untuk periode tertentu, kalau memang tidak ada titik temu," katanya.

Di sisi lain, Arief menjelaskan tingginya harga beras saat ini disebabkan oleh naiknya harga gabah menjadi Rp 8.600 per kg hingga Rp 8.700 per kg. Oleh karena itu, Arief berpendapat sulit bagi peritel untuk menjual beras sesuai HET.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...