Jokowi Bakal Bahas Program Makan Siang Gratis Prabowo Hari Ini

Agustiyanti
26 Februari 2024, 09:56
makan siang gratis, prabowo-gibran
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan). Program makan siang gratis yang diusung Prabowo-Gibran akan dibahas dalam rapat kabinet hari ini.
Button AI Summarize

Pemerintah akan mendiskusikan anggaran program makan siang gratis yang diusung pasangan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Program ini akan masuk dalam pembahasan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 yang akan digelar Presiden Joko Widodo pada rapat kabinet hari ini, Senin (26/2).

“Anggarannya ada bertahap, nanti hari Senin kita lihat. Ada skalanya,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada akhir pekan lalu, seperti dikutip dari Antara.

Airlangga mengatakan belum ada keputusan lebih lanjut mengenai skema anggaran program makan siang gratis yang diusulkan oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pemerintah sejauh ini baru memutuskan untuk membahas program tersebut dalam KEM-PPKF 2025. "Sudah pasti masuk,” kata dia.

Program makan siang gratis merupakan salah satu program yang diusung oleh pasangan calon (paslon) Prabowo-Gibran. Berdasarkan hasil perhitungan cepat yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tercantum dalam laman KPU, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 58,84% per 26 Februari 2024 pukul 09.00 WIB

Dalam dokumen visi-misinya, paslon tersebut menjelaskan program makan siang gratis bertujuan untuk mengatasi masalah stunting dan bakal menyasar siswa pra-sekolah, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan pesantren. Program ini menargetkan lebih dari 80 juta penerima manfaat dengan cakupan 100% pada tahun 2029. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...