Program Makan Siang Gratis Prabowo Masuk APBN 2025, Ini Skemanya

Ferrika Lukmana Sari
23 Februari 2024, 20:33
Prabowo
Katadata/Hufaz Muhammad
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, hadir di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu (14/2).
Button AI Summarize

Program makan siang dan susu gratis yang dicanangkan oleh Prabowo Subianto akan segera terealisasi. Saat ini, pemerintah tengah menggodok alokasi dana program tersebut dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2025.

Sebelum itu, pemerintah lebih dulu menyusun Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) tahun 2025. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, KEM-PPKF diperlukan sebagai landasan APBN 2025.

Kendati demikian, Ketua Umum Partai Golkar ini tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Dia hanya menekankan, bahwa KEM-PPKF akan dibahas dalam rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (26/2).

"PPKF sedang dibahas, nanti Senin akan ada sidang kabinet. Jadi tunggu saja Senin," kata Airlangga di Jakarta, Jumat (23/2).

Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran ini mengungkapkan, bahwa pelaksanaan program makan siang dan susu gratis akan dilakukan secara bertahap.

"Anggarannya ada bertahap, nanti hari Senin kita inikan, dan ada skalanya," kata Airlangga.

Jika dilakukan secara bertahap, maka pemerintah tidak akan langsung mengalokasikan dana Rp 400 triliun untuk program prioritas Prabowo - Gibran ini.

Selain soal anggaran, Prabowo juga dikabarkan akan membentuk kementerian koordinator baru untuk menjalankan program makan siang dan susu gratis tersebut. Namun Airlangga masih irit bicara terkait rencana ini.

"Itu masih tunggu keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dulu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...