SKK Migas Targetkan Blok South Andaman Mulai Produksi Pada 2028

Mela Syaharani
20 Juli 2024, 03:49
Migas
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Foto udara anjungan lepas pantai Sepinggan Field Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS) Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), Kalimantan Timur, Selasa (26/3/2024). Hingga Maret 2024, PHKT mencatatkan angka produksi minyak sebesar 9.044 barel minyak per hari (BOPD) dan gas sebesar 28,784 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).
Button AI Summarize

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berharap rencana pengembangan (POD) blok migas South Andaman dapat setujui pada akhir tahun ini. Dengan begitu, proses produksinya bisa segera dilakukan. 

“Sehingga onstream [produksinya] diharapkan pada 2028,” kata Deputi Eksplorasi, Pengembangan, dan Managemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat (19/7).

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat dua temuan gas besar di Blok South Andaman yang berada di lepas pantai bagian utara Pulau Sumatra.

Seperti temuan gas dengan potensi lebih dari 6 triliun kaki kubik (tcf) gas-in-place di sumur eksplorasi Layaran-1 dan potensi lebih dari 2 tcf gas in place di sumur Tangkulo-1. Kedua potensi gas ini ditemukan oleh Mubadala Energy.

Benny mengatakan, saat ini SKK Migas sedang melakukan akselerasi untuk mempercepat dua potensi gas ini segera diproduksi. “Nanti rencananya memang kami akan pecah Layaran menjadi beberapa bagian, seperti Layaran-1, Layaran.-2, dan juga sumur Tangkulo,” ujarnya.

Dia menyebut pemecahan ini sudah masuk dalam diskusi-diskusi awal antara SKK Migas dengan Mubadala Energy. Dari pemecahan tersebut, sumur yang akan diproduksikan dalam fase satu untuk pertama kali adalah Tangkulo. 

Kemudian baru masuk ke full skill dari lapangan-lapangan yang lain seperti Layaran satu, dua, dan lain-lain. Oleh karena itu, Benny berharap POD South Andaman ini dapat terlaksana pada akhir tahun ini.

Pertamina Akan Dilibatkan

Dengan potensi yang besar ini, PT Pertamina (Persero) didorong untuk ikut serta mengelola Blok Andaman. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut langkah tersebut demi mempercepat produksi blok migas tersebut.

“Kalau pemerintah ingin melihat mana yang memberikan hasil terbaik,” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Dadan Kusdiana saat ditemui di Direktorat Jenderal Migas, Jakarta, Jumat (14/6).

Sebelumnya, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, investor asing yang mengelola Blok Andaman berharap Pertamina dapat turut berpartisipasi. "Karena mereka jadi dapat berkolaborasi dengan pihak yang memiliki pengalaman," ucapnya pada pekan lalu.

Menanggapi rencana itu, Pertamina mengatakan saat ini masih berproses. “Masih pembahasan komprehensif,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso kepada Katadata.co.id.

Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...