Korban Corona Bertambah Jadi 213 Orang, WHO Tetapkan Gawat Darurat

Image title
Oleh Ekarina
31 Januari 2020, 09:01
WHO, Virus Corona. Gawat Darurat Global, Tiongkok
TWITTER @WHO
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengumumkan penetapan darurat kesehatan global atas wabah virus corona, di Jenewa, Swiss, Kamis (30/1).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis (30/1) waktu setempat akhirnya menetapkan wabah virus corona sebagai kondisi gawat darurat global. Langkah ini ditetapkan karena jumlah korban yang terus bertambah. Hingga Jumat (31/1), korban yang tewas akibat virus corona mencapai 213 orang di Tiongkok.

Khusus di provinsi Hubei, lokasi yang diduga sebagai pusat epidemi, jumlah korban virus corona telah bertambah menjadi 204 orang dan 9.692 orang terinfeksi, menurut otoritas kesehatanTiongkok seperti yang dikutip dari Reuters. 

(Baca: Wabah Virus Corona, Jokowi Putuskan Evakuasi WNI di Hubei Tiongkok)

Virus yang terdeteksi pada akhir Desember 2019 tersebut hingga kini telah menyebar ke sejumlah negara. WHO mencatat, ada sekitar 100 kasus yang dilaporkan di 18 negara.

Penyebaran virus corona terbaru dilaporkan terjadi di Italia. Ini merupakan kasus pertama di negara tersebut dan diduga berasal dari dua wisatawan Tiongkok. Meski demikian, untuk kasus kematian pasien akibat virus hingga saat ini belum diperoleh laporan terjadi di luar Tiongkok. 

Virus corona pertama kali muncul di sebuah pasar ikan yang juga menjual satwa ilegal di kota Wuhan. Wuhan dan beberapa kota di Tiongkok kini terisolir, guna mencegah penyebaran virus agar tak meluas. 

(Baca: Wabah Virus Corona, Tak Ada Larangan Kunjungan Turis Tiongkok)

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...