Minim Efek Samping, Kepercayaan Publik Terhadap Vaksin Covid-19 Naik

Image title
5 Maret 2021, 14:07
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/John Sibley/HP/dj
John Sibley Warga mengantre untuk memasuki Lapangan Lord's Cricket untuk menerima vaksin virus corona (COVID-19 di London, Inggris, Jumat (22/1/2021). Kepercayaan publik Inggris terhadap vaksinasi Covid-19 paling tinggi di antara negara lain.

Kepercayaan publik global terhadap vaksin virus corona semakin meningkat. Hal itu terlihat dari semakin banyaknya orang yang bersedia divaksinasi. 

Selain itu, kekhawatiran terhadap efek samping yang muncul semakin memudar. Hal itu ditunjukkan dalam survei di 14 negara.

Survei tersebut dibuat oleh Institut Inovasi Kesehatan Global (IGHI) Imperial Collage London bersama perusahaan jajak pendapat YouGov. Hasil survei itu menunjukkan bahwa kepercayaan publik terhadap vaksin Covid-19 meningkat di sembilan dari 14 negara.

Bahkan negara seperti Prancis, Jepang dan Singapura yang sebelumnya tingkat kepercayaannya rendah perlahan mulai naik. Survei yang berlangsung dari 8 Februari hingga 21 Februari 2021 itu menemukan bahwa orang-orang di Inggris paling bersedia divaksinasi dengan persentase hingga 77%.

Angka tersebut naik dari 55% pada November 2020. Kala itu, vaksin Covid-19 yang dikembangkan bersama oleh Pfizer dan BioNTech belum memperoleh persetujuan dari Pemerintah Inggris.

Di sisi lain, orang-orang di Prancis, Singapura, dan Jepang tetap termasuk yang paling tidak bersedia divaksinasi. Persentase ketersediaan masyarakatnya masing-masing 40%, 48% dan 48%.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...