India Dukung KTT G20 Indonesia Tak Memasukkan Isu Rusia dan Ukraina

Yuliawati
Oleh Yuliawati
20 April 2022, 16:38
India, Rusia, G20
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Duta besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti saat berkunjung ke redaksi Kantor Berita Antara di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Beberapa negara anggota G20 hendak mengangkat isu konflik Rusia dan Ukraina dalam forum kelompok 20 negara ekonomi besar dunia tersebut. Selain Cina, India merupakan negara yang mendukung Indonesia untuk tetap memprioritaskan tiga isu di forum G20.

"India sepenuhnya mendukung tiga prioritas luas pada arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan di bawah tema keseluruhan 'Recover Together, Recover Stronger'," kata Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti, kepada Antara, dikutip Rabu (20/4).

Dia juga mengucapkan selamat kepada Indonesia karena berhasil menyelenggarakan berbagai pertemuan G20 secara efisien dan bermanfaat. Konferensi tingkat tinggi (KTT) kepala pemerintahan dan kepala negara G20 akan berlangsung pada 15-16 November di Bali.

"Saya juga ingin menyampaikan harapan terbaik untuk suksesnya KTT di Bali," kata Bharti.

Bharti berharap bahwa rangkaian diskusi dan pertemuan G20 di bawah presidensi Indonesia akan memberikan hasil yang substantif untuk pemulihan pandemi global pascapandemi.

"Kami mengharapkan dan mendukung diskusi global yang akan memungkinkan pengembangan kapasitas jangka panjang, berbagi praktik terbaik, dan pendekatan yang menjangkau semua, sehingga solusi akhir dapat berpusat pada manusia dan bersifat inklusif," katanya.

Bharti menekankan bahwa India, sebagai anggota Troika G20 dan pemegang Presidensi G20 yang akan datang, berdiri dalam solidaritas dengan Indonesia dan mendukung prioritas Indonesia di G20.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...