Lebih dari 40.000 Peserta Akan Hadiri COP27 di Mesir

Reza Pahlevi
4 November 2022, 08:16
COP27 Logo
Katadata

Sebanyak 40.000 peserta diperkirakan akan menghadiri Conference of Parties (COP) 27 yang akan digelar di Sharm El Sheikh, Mesir pada 6-18 November 2022.

Perwakilan Khusus Presiden COP27, Wael Aboulmagd mengatakan tim Presidensi Mesir sudah bekerja keras untuk menciptakan suasana yang mendukung suksesnya negosiasi dalam konferensi nanti.

“Sebagai tuan rumah COP, kami ingin mempertemukan perwakilan negara-negara dan pemangku kepentingan di seluruh dunia dan memberikan momentum untuk menentukan langkah yang dibutuhkan demi komitmen dan janji iklim yang mendesak dan berlaku luas,” kata Aboulmagd dalam siaran pers, Kamis (3/11).

Pelaksanaan COP27 akan dibagi dalam dua zona di Sharm El Sheikh. Zona Biru terletak di Sharm El-Sheikh International Convention Center dan akan menjadi tempat negosiasi para delegasi yang hadir dalam konferensi nanti.

Lalu, Presidensi COP27 juga menyediakan wilayah seluas 22.500 meter persegi untuk Zona Hijau. Zona ini akan menjadi tempat komunitas bisnis, pemuda, masyarakat sipil, akademisi, dan seniman seluruh dunia untuk hadir dan berpartisipasi.

Zona ini bertujuan untuk menciptakan dialog inklusif dan dinamis yang mempertemukan aktor-aktor iklim tersebut lewat acara, pameran, lokakarya, penampilan budaya, dan bincang-bincang.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Sharm El-Sheikh Climate Implementation Summit akan berlangsung pada 7 dan 8 November. Acara puncak ini akan dihadiri oleh 100 lebih kepala negara dari seluruh dunia.

Setelah acara puncak, beberapa pertemuan juga diadakan untuk membahas enam topik penting. Keenam topik itu adalah transisi berkeadilan, ketahanan pangan, pembiayaan inovatif untuk iklim dan pembangunan, investasi energi masa depan, ketahanan air, serta perubahan iklim dan keberlanjutan masyarakat rentan.

Halaman:
Reporter: Reza Pahlevi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...