WHO Umumkan Darurat Kesehatan Global akibat Covid 19 Berakhir

Lavinda
Oleh Lavinda
5 Mei 2023, 22:25
WHO
ANTARA/Shutterstock
Ilustrasi, logo WHO. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menemukan varian baru virus corona di luar Inggris. Virus tersebut bisa menularkan Covid-19 lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan darurat kesehatan global akibat Covid 19 tidak lagi berlaku mulai hari ini, Jumat (5/5).

Pernyataan tersebut merupakan langkah besar untuk mengakhiri pandemi yang muncul selama tiga tahun terakhir, setelah WHO pertama kali menyatakan tingkat kewaspadaan tertinggi terhadap virus tersebut.

Direktur Umum WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan, Komite Darurat bertemu untuk ke-15 kalinya kemarin, dan merekomendasikan agar WHO menyatakan berakhirnya darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

"Saya menerima saran itu. Oleh karena itu dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global," kata Tedros seperti dikutip BBC, Jumat (5/5).

Dia menambahkan, keputusan tersebut telah dipertimbangkan dengan hati-hati selama beberapa waktu dan dibuat berdasarkan analisis data yang cermat.

Namun, dia mengingatkan pencabutan tingkat siaga tertinggi tidak berarti bahaya telah berakhir. Status darurat dapat dipulihkan kembali, jika situasinya berubah.

“Hal terburuk yang dapat dilakukan negara mana pun sekarang adalah menggunakan berita ini sebagai alasan untuk lengah, untuk membongkar sistem yang telah dibangunnya, atau mengirim pesan kepada masyarakat bahwa Covid 19 tidak perlu dikhawatirkan,” lanjutnya.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...