Presiden Ukraina akan Temui Pemimpin NATO dan Biden

Agustiyanti
12 Juli 2023, 08:19
ukraina, Volodymyr Zelensky, nato, biden
The Kyiv Independent
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan tengah) akan bergabung dengan para pemimpin NATO pada hari kedua pertemuan puncak mereka di Vilnius, Lituainia untuk sesi pengukuhan Dewan NATO-Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan bertemu dengan para pemimpin NATO pada Rabu (12/7) setelah pernyataan lembaga tersebut bahwa masa depan Ukraina berada pada Nato tapi tak juga memberi kejelasan soal status keanggotaan Ukraina.

Zelensky akan bergabung dengan para pemimpin NATO pada hari kedua pertemuan puncak mereka di Vilnius, Lituainia untuk sesi pengukuhan Dewan NATO-Ukraina, sebuah badan yang dibentuk untuk meningkatkan hubungan antara Kyiv dan aliansi militer 31 negara tersebut.

Dia juga akan bertemu secara terpisah dengan Presiden AS Joe Biden saat dia mencari lebih banyak senjata dan amunisi dari Amerika Serikat dan negara-negara NATO lainnya untuk berperang dengan Rusia.

Para pejabat Nato mengatakan, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jerman diperkirakan akan mengeluarkan jaminan kepada Kyiv tentang dukungan keamanan jangka panjang. Dukungan akan diberikan dalam bentuk persenjataan canggih, pelatihan, dan bantuan militer lainnya, kemungkinan segera setelah KTT berakhir. Sementara Negara-negara lain kemungkinan akan bergabung dengan kerangka kerja ini dengan komitmen bilateral mereka sendiri.

Pada rapat umum di Vilnius pada hari Selasa, Zelensky menyatakan kekecewaannya bahwa NATO tidak memberikan batas waktu untuk menyetujui keanggotaan Ukraina, hal yang dianggap tidak masuk akal.

"NATO akan membuat Ukraina lebih aman, Ukraina akan membuat NATO lebih kuat," katanya kepada ribuan orang di Vilnius, banyak yang mengibarkan bendera Ukraina, sementara penembak jitu berjaga di atap rumah.

Namun, dalam pernyataannya pada semalam, ia menegaskan, pertahanan negaranya adalah prioritas utama. "Saya berterima kasih kepada mitra kami atas kesediaan mereka mengambil langkah baru," tulisnya di Twitter.

"Lebih banyak senjata untuk prajurit kami, lebih banyak perlindungan hidup untuk seluruh Ukraina! Kami akan membawa alat pertahanan baru yang penting ke Ukraina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...