India Larang Ekspor Beras, Pasokan Bahan Pokok Global Berkurang 20%

Happy Fajrian
27 Juli 2023, 08:05
ekspor beras india, pangan,
ANTARA FOTO/Ampelsa/foc.
Pekerja membongkar beras impor asal Thailand dari kapal kargo berbendera Vietnam di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis (22/6/2023).

Importir beras dunia kini harus mencari kesepakatan langsung dengan pemerintah di negara-negara pengekspor setelah India melarang ekspor beras varietas utamanya. Kebijakan India menekan suplai bahan pokok dunia hingga seperlima atau 20% dan memicu kekhawatiran keamanan pangan.

Importir beras dari Afrika hingga Asia harus berebut pengiriman beras karena pasokan yang mengetat dalam beberapa bulan ke depan menyusul keputusan India ini. Pedagang dan analis mengatakan larangan ini akan menguragi ketersediaan bahan pokok di pasar dunia sekitar seperlima.

“Pembatasan ekspor secara inheren mengurangi kepercayaan pada ketergantungan perdagangan internasional,” kata analis pasar beras di FAO, Shirley Mustafa, seperti dikutip Reuters, Kamis (27/7). “Dengan demikian mereka dapat mengakibatkan negara pengimpor mencari kesepakatan antar pemerintah untuk memastikan pasokan”.

Saat mengumumkan larangan ekspornya minggu lalu, India membiarkan pintu terbuka untuk kesepakatan semacam itu, dengan mengatakan akan mempertimbangkan untuk memenuhi persyaratan negara-negara yang membutuhkan pasokan beras.

Larangan Ekspor Beras India

September lalu, India melarang ekspor beras pecah dalam upaya untuk mendinginkan harga domestik, tetapi sejak itu data resmi menunjukkan negara tersebut menyetujui penjualan sekitar satu juta metrik ton beras pecah ke india, Senegal, Gambia, Mali, dan Ethiopia.

“Larangan saat ini mengecualikan penjualan pemerintah ke pemerintah, dan itu tetap dalam hak prerogatif pemerintah,” kata B.V. Krishna Rao, presiden Asosiasi Eksportir Beras. “Keputusan akan dibuat berdasarkan kebutuhan negara pengimpor dan situasi pasokan di pasar lokal”.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...