Perang Israel Palestina Tewaskan 2.100 Orang, juga Medis dan Jurnalis

Tia Dwitiani Komalasari
11 Oktober 2023, 08:54
ISRAEL-PALESTINIANS
ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/HP/dj

Sebanyak lebih dari 2.100 orang tewas akibat perang Palestina dan Israel yang berlangsungs selama empat hari sejak Sabtu (7/10). Korban tewas tersebut termasuk enam petugas kesehatan dan delapan jurnalis yang bertugas di Gaza.

Korban tewas warga Palestina di Gaza telah meningkat menjadi 900 orang di tengah serangan udara Israel yang sedang berlangsung, kata Kementerian Kesehatan pada hari Selasa (10/10). Sementara korban luka mencapai 4.500 orang.

Dikutip dari Anadolu Agency, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan bahwa enam petugas kesehatan telah terbunuh dan 15 lainnya terluka di Gaza hingga saat ini, sementara delapan jurnalis telah kehilangan nyawa mereka dalam pemboman tentara Israel yang sedang berlangsung.

Israel melanjutkan serangan udaranya di Jalur Gaza untuk hari ketiga pada Selasa (10/10). Serangan tersebut dikatakan sebagai balasan dari serangan Hamas di kota-kota Israel di dekat wilayah pantai.

Sementara Hamas mengatakan, serangan itu merupakan respons terhadap pelanggaran Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki dan meningkatnya kekerasan pemukim.

Israel melakukan serangkaian serangan udara di Jalur Gaza dan memberlakukan blokade total terhadap wilayah tersebut, yang merupakan rumah bagi hampir 2,2 juta orang.

1.200 Warga Israel Tewas

Di sisi lain, korban tewas warga Israel akibat serangan Hamas bertambah menjadi 1.200 orang. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah bersumpah untuk menggunakan seluruh kekuatan Israel untuk menghancurkan kemampuan Hamas dan “membalas dendam atas hari kelam ini.”

Sementara itu, mengutip Kementerian Kesehatan Israel, Times of Israel melaporkan bahwa lebih dari 2.900 warga Israel terluka dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan lebih dari 500 orang masih dirawat di rumah sakit.

WHO Serukan Akses Bantuan Kesehatan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan akses terhadap bantuan kesehatan dan kemanusiaan pada hari keempat konflik di Israel dan wilayah pendudukan Palestina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...