Cina Kembangkan Teknologi Biomassa Ramah Lingkungan untuk ASEAN

Image title
15 Oktober 2023, 09:00
biomassa
Dok. CGTN
Ilustrasi, fasilitas produksi biochar dan bahan karbon aktif yang berasal dari biomassa yang dikembangkan Institute of Urban Environment (IUE).

Cina mengembangkan teknologi ramah lingkungan untuk memproduksi biomassa untuk negara-negara ASEAN. Teknologi ini dikembangkan oleh Guangzhou Institute of Energy Conversion (GIEC), yang bernaung di bawah Chinese Academy of Sciences (CAS).

Mengutip kantor berita pemerintah Cina, CGTN, peneliti GIEC Liu Huacai mengatakan, permintaan energi di negara-negara ASEAN telah meningkat signifikan karena pembangunan, urbanisasi, dan pertumbuhan populasi.

"Perlu adanya teknologi biomassa modern yang mampu berkontribusi membangun sistem pasokan energi berkelanjutan, melindungi lingkungan, dan meningkatkan pembangunan ekonomi pedesaan," kata Liu dilansir dari CGTN, Minggu (15/10).

Contoh proyek biomassa modern ini, adalah yang dilakukan di Thailand, yang memiliki sumber daya biomassa yang kaya, seperti jerami tanaman dan sisa kayu.

Di negeri "Gajah Putih" ini, GIEC melihat proyek gasifikasi biomassa menghadapi permasalahan seperti fleksibilitas bahan bakar yang buruk, efisiensi gasifikasi yang rendah, kandungan tar yang tinggi dalam gas, dan polusi sekunder dari air limbah tar.

Oleh karena itu, peningkatan keandalan peralatan, serta kemampuan pengoperasian dan pemeliharaan, merupakan hal yang mendesak untuk memastikan stabilitas sistem, dan mengurangi biaya investasi dan pengoperasian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...