Israel Bom Sekolah Tempat Pengungsi Palestina yang Dikelola PBB

Tia Dwitiani Komalasari
4 November 2023, 17:13
Konflik Palestina - Israel meningkat
Katadata
Konflik Palestina - Israel meningkat

Israel kembali menyerang sekolah tempat pengungsian warga sipil Palestina yang dikelola di PBB. Tak hanya itu, Israel juga menargetkan lokasi vital lainnya seperti rumah sakit dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Berdasarkan laporan Al Jazeera, Israel mengebom sekolah Sekolah Al-Fakhoora di Gaza, Sabtu (4/11). Ini merupakan sekolah terbesar di utara dan terletak di dalam kamp pengungsi Jabalia yang dikelola PBB.

Sekolah tersebut menampung ribuan orang yang melarikan diri dari serangan udara sebelumnya dari berbagai wilayah di utara Gaza. Kamp pengungsi ini telah diserang tiga kali dalam beberapa hari terakhir – namun ini bukan satu-satunya pemboman besar yang terjadi pagi ini.

Peristiwa lainnya terjadi di lingkungan pusat di Kota Gaza. Dulunya merupakan daerah yang sangat padat penduduknya dan kini telah hancur seluruhnya. Warga di sana masih berusaha mencari korban yang berada di bawah reruntuhan.

Israel sebelumnya juga menyerang rumah Sakit al-Shifa di Kota Gaza. Sekitar 40.000 orang berlindung di dalam Rumah Sakit al-Shifa.

Serang Solar Panel

Israel juga menyerang sejumlah objek vital warga sipil Palestina seperti solar panel. Padahal solar panel merupakan satu-satunya sumber energi yang dimiliki warga Palestina.

“Tetapi dengan serangan udara terbaru, Israel menargetkan panel surya dan generator. Saya melihat beberapa sasaran dengan mata kepala sendiri – [pasukan Israel] hanya menargetkan panel surya yang ditempatkan di atap-atap bangunan dan ini adalah satu-satunya cara bagi warga Palestina di Jalur Gaza untuk mendapatkan sumber listrik," tulis laporan Al Jazeera. 

Warga Palestina berusaha semaksimal mungkin menemukan sumber listrik untuk mengakses Internet dan menyebarkan pesan kejadian yang menimpa mereka ke seluruh dunia.

“Mereka mengisi daya ponselnya, mencoba terhubung dengan dunia,” tulis laporan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...